timnas futsal Indonesia

Target tinggi diusung Timnas Futsal Indonesia di ajang SEA Games Myanmar 2013 mendatang. Timnas Futsal Indonesia mencanangkan mampu masuk ke babak final alias minimal meraih medali perak di SEA Games 2013. Hal itu dikatakan oleh Yerico Umbas selaku Ketua Badan Futsal Nasional (BFN).

Yerico Umbas optimis, target merebut medali perak, bahkan emas, yang dibebankan kepada Timnas Futsal Indonesia di SEA Games nanti akan terpenuhi setelah ia melihat peta kekuatan futsal di kawasan Asia Tenggara.

“Timnas (futsal) berpeluang meraih medali perak jika melihat lawan-lawan yang ada pada SEA Games nanti,” kata Yerico Umbas di Jakarta belum lama ini.

Musuh terberat bagi Indonesia, menurut Yerico Umbas, adalah Thailand. Tim gajah putih memang tak hanya kuat di tim sepakbola, tim futsalnya pun masih menjadi yang terkuat di kawasan ASEAN.

“Thailand sendiri masih menjadi momok bagi kami sekaligus tim tangguh di kawasan ini, tapi untuk yang lainnya kami yakin timnas dapat mengatasinya,” ujar Yerico Umbas.

Beruntung, Indonesia tidak bertemu Thailand di babak penyisihan grup. Tim futsal Garuda berada di grup yang sama dengan Malaysia dan tuan rumah Myanmar. Oleh karena itu, jika berhasil lolos dari babak penyisihan grup, peluang ke final akan terbuka.

Di ranking FIFA, Timnas Futsal Indonesia menempati peringkat 62, jauh di bawah Thailand yang mentereng di posisi 15. Sedangkan Malaysia dan Myanmar masing-masing berada di peringkat 65 dan 97.