Scroll to Top

Setelah 15 Tahun, Winamp “Dimatikan” 20 Desember

By Ditya / Published on Thursday, 21 Nov 2013
Winamp
Winamp

Kabar buruk bagi pengguna media player Winamp karena aplikasi tersebut akan dimatikan dan dihentikan pengembangannya. Setelah 15 tahun berkiprah sebagai media player yang banyak disukai pengguna, Winamp akan dimatikan paada 21 Desember 2013 mendatang dan tak ada lagi Winamp versi baru.

Kematian Winamp ini telah diumumkan oleh sang pemiliki Nullsoft, yakni AOL yang mengatakan akan menghentikan semua layanan web yang ada di aplikasi Winamp. Hal tersebut akan disusul dengan ditariknya aplikasi Winamp dari situs resminya, sehingga kelak pengguna tak akan dapat mengunduhnya lagi.

Kabarnya, AOL mengumumkan berakhirnya Winamp bersama dengan rilis versi terahir dari aplikasi tersebut, yakni Winamp 5.66. Pengguna yang masih ingin menggunakan Winamp, harus segera mengunduh rilis terakhirnya sebelum aplikasi tersebut ditarik.

Seperti yang kita ketahui, Nullsoft yang merupakan pengembang alikasi media player Winamp ini telah diakuisisi oleh AOL pada Juni 1999 senilai US $80 juta. Sejak saat itu, Winamp dikembangkan secara bertahap dan terakhir telah mendukung Windows 8 dan kemampuan impor library dari iTunes.

Saat ini, kemunculan iPod yang didukung oleh aplikasi iTunes danmakin populernya layanan streaming musik seperti Spotify membuat daya tarik Winamp sebagai media player semakin meredup. Tim Winamp mencoba unutuk meningkatkan popularitas dengan menghadirkan Winam ddi Android, tetapi hal ini kurang sukses.

AOL sendiri awalnya ingin menggunakan teknologi yang dimiliki oleh Winamp untuk menghadirkan aplikasi sendiri yang disebut dengan AOL Media Player, tetapi proyek ini tampaknya gagal dan berhenti dikembangkan pada tahun 2005.

“Winamp.com dan terkait layanan web tidak akan lagi tersedia setelah 20 Desember 2013. Selain itu, Winamp Media player tidak akan lagi tersedia untuk di-download. Silahkan download versi terbaru sebelum tanggal tersebut. Terima kasih untuk dukungan masyarakat untuk Winamp selama lebih dari 15 tahun”, keterangan resmi AOL.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (20/11/2013), Winamp adalah aplikasi media player legendaris yang banyak disukai oleh pengguna PC, terutama pengguna Windows. Setelah 15 tahun, kini Winamp harus dimatikan. Selamat jalan, Winamp!

Download versi terakhir Winamp di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda