Scroll to Top

Traffic Twitter Ternyata Banyak Berasal Dari Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 01 Oct 2011

Ternyata Facebook tidak sepenuhnya menjadi saingan terberat bagi Twitter. Yang terjadi justru sebaliknya, kepopuleran Facebook membawa berkah tersendiri bagi situs mikroblogging ini. Setidaknya itulah hasil penelitian yang dilakukan Kantar Media Compete.

Dari 250 situs web paling top yang jadi objek penelitiannya, diketahui berdasarkan data bulan Agustus 2011, Twitter menerima 26,6% traffic nya dari Facebook. Bahkan jumlah tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan total kontribusi traffic yang berasal dari Google maupun Yahoo!.

Akan tetapi bukan berarti hal yang sama berlaku untuk sebaliknya. Traffic Facebook yang berasal dari Twitter ternyata hanya sebesar 0,37%. Berikut seperti yang diberitakan AllFacebook.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tampaknya, banyak pengguna Facebook yang memposting beberapa situs referensi yang berasal dari Twitter (atau URL shortener Twitter). Sehingga pengguna yang meng-klik nya, langsung terhubung ke situs Twitter. Inilah yang dimaksud dengan kontribusi traffic Facebook ke Twitter. Begitu juga sebaliknya.

Atau mungkin juga, aplikasi yang memungkinkan pengguna Twitter untuk dapat mengintegrasikan akun Facebooknya, sehingga tweet nya dapat langsung masuk dalam news feed Facebook. Hal ini juga dapat memancing para Facebooker untuk meng-klik link tweet yang masuk ke news feed mereka.

Dan ternyata bukan Twitter saja yang traffic nya diuntungkan kepopuleran Facebook, MTV.com juga mendapatkan kontribusi traffic yang signifikan dari Facebook.

Masih berdasarkan data pada periode yang sama, Facebook mendapatkan porsi 14% dari total keseluruhan sumber traffic MTV.com.

Namun kali ini terjadi simbiosis mutualisme diantara kedua situs ini. Karena MTV.com juga memberikan kontribusi traffic sebesar 19% kepada Facebook.

Sebagai tambahan informasi, berikut adalah data 50 situs terpopuler bulan Agustus 2011 versi Compete:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda