Scroll to Top

Cara Menggunakan & Membuat Dokumen Google Drive Secara Offline

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 21 Nov 2013

Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan cloud computing paling populer saat ini. Yang buat layanan peyimpanan di ‘awan’ ini istimewa adalah karena terhubung dengan Google Doc. Dan berikut sedikit tips bagaimana cara menggunakan dan membuat dokumen Google Drive secara offline.

Register Google Drive

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah miliki akun Google Drive. Sudah miliki akun Google atau Gmail, sila login ke Google Drive. Jika belum, lakukan proses registrasi di alamat Drive.google.com. Prosesnya sangat cepat hanya dalam hitungan menit.

Akses Google Drive Offline

Nah setelah proses registrasi selesai sila lakukan login. Untuk mengakses Google Drive via offline atau luring hanya bisa dilakukan via Google Chrome lewat ekstensi Google Drive. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka laman akun Google Drive Anda di alamat Drive.google.com.
  2. Setelah masuk dan berada di dashboard utama, perhatikan sidebar sebelah kiri. Di tab More klik opsi tersebut dan pilih Offline.
  3. Kemudian Anda akan diminta menginstall eksentsi Google Drive untuk Google Chrome. Install saja di alamat berikut.
  4. Jika proses installasi selesai, buka kembali dahsboard Google Drive dan klik tab More kemudian Offline. Nah nantinya jika Anda tidak terhubung dengan internet, media penyimpanan data Google Drive akan berlokasi di tab ini.
  5. Untuk akses Google Drive via offline sila tuju alamat Drive.google.com/#offline. Ingat, tanpa terhubung dengan internet sekalipun Anda tetap bisa membuka laman tersebut.

Membuat Dokumen Google Drive via Offline

Untuk membuat dokumen baik itu Word, Presentation, Spreadsheet, dan lainnya, cukup menuju ke laman Google Drive offline. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sila tuju laman tersebut di alamat Drive.google.com/#offline.
  2. Kemudian klik CREATE yang letaknya di sidebar kiri. Pilih dokumen apa yang Anda kehendaki. Jika ingin membuat dokumen presentasi ala Power Point sila klik Presentation.
  3. Ketika laman edit dokumen telah terbuka, sila buat dokumen presentasi yang akan Anda siapkan. Jangan khawatir soal sinkronisasi dan fitur save. Sebab Google Drive secara otomatis menyimpan di drive komputer setiap perubahan yang Anda buat.

Nah ketika Anda terkoneksi kembali dengan internet, maka dokumen Google Drive di tab Offline tadi akan disinkronisasikan ke versi Online. Jadi, meski tidak terhubung dengan internet bukan berarti Anda tak bisa akses dan buat dokumen via Google Drive.

Kunjungi laman Google Drive di tautan berikut dan untuk versi offline-nya di tautan ini. Ingat, untuk menggunakan Google Drive offline unduh dan install terlebih dahulu ekstensi Google Chrome-nya, sila tuju laman berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda