Scroll to Top

Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang: Casey Stoner Cetak Rekor Baru Motegi

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 01 Oct 2011

Casey Stoner

Casey Stoner menutup sesi kualifikasi GP Jepang dengan menempati posisi pole. Ia mencatatkan waktu satu menit 45.267 detik untuk memperpanjang tren pole-nya menjadi yang kesepuluh sepanjang musim.

Catatan waktu tersebut juga berhasil menembus rekor terdahulu sirkuit Motegi yang dipegang oleh pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yakni satu menit 45.543 detik. Lorenzo sendiri pada sesi kali ini berada di posisi kedua dibelakang Stoner dengan selisih waktu 0.256 detik.

Kualifikasi kali ini berlangsung sangat ketat.Tiga pembalap, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, saling kejar mengejar catatan waktu hingga menit-menit akhir sesi.

Pedrosa menjadi pembalap pertama yang mencetak waktu di bawah satu menit 46 detik sebelum akhirnya Stoner merespon dan kembali ke posisi teratas. Namun, Lorenzo datang membawa ancaman ketika dirinya sukses menggeser Stoner dari singgahsana teratas di lima menit tersisa jelang bubar.

Bukan Stoner namanya kalau menyerah begitu saja pada keadaan. Setelah gagal pada percobaan pertama, Stoner akhirnya mampu mengklaim kembali posisi teratas pada percobaan kedua dan mendepak Lorenzo ke posisi dua.

Andrea Dovizioso tampil mengejutkan di akhir sesi setelah sukses menggeser Pedorsa dari tiga besar. Pedrosa pun harus puas  berada di posisi keempat dan akan berdampingan dengan Ben Spies dan Marco Simoncelli dari baris kedua.

Valentino Rossi menunjukan perkembangan yang membaik ketika ia bersama Ducati berkali-kali mempertahankan posisi keenam. Namun di akhir kualifikasi ia harus merelakan posisi tersebut kepada Simoncelli dan akan memulai lomba dari posisi tujuh.

Tren positif kembali ditunjukan pembalap Rizla Suzuki, Alvaro Bautista. Pembalap asal Spanyol tersebut mengisi posisi kedelapan mengungguli Hector Barbera dan Nicky Hayden yang melengkapi posisi sepuluh besar.

Jika dilihat dari ketatnya sesi kualifikasi maka dapat dipastikan balapan esok hari akan kurang lebih sama. Lorenzo berpeluang besar mengulang kesuksesannya di Misano.

Akan tetapi Motegi adalah markas dari pabrikan Honda yang berarti mereka akan sangat kuat saat membalap disini. Apabila menilik hal tersebut maka Casey Stoner akan tetap menjadi unggulan pertama diikuti Jorge Lorenzo sebagai unggulan kedua.

Sementara unggulan ketiga jatuh ke tangan Dani Pedrosa yang pada beberapa balapan terakhir selalu berada di posisi tiga besar.

Jika balapan esok hari berlangsung dalam keadaan basah maka diprediksikan akan banyak kejutan yang akan mewarnai jalannya seri kali ini.

Hasil Kualifikasi GP Jepang, Sirkuit Twin Ring Motegi:

  1.   Casey Stoner      Honda           1:45.267s
  2.   Jorge Lorenzo     Yamaha          + 0.256s
  3.   Andrea Dovizioso  Honda           + 0.524s
  4.   Dani Pedrosa      Honda           + 0.699s
  5.   Ben Spies         Yamaha          + 0.775s
  6.   Marco Simoncelli  Gresini Honda   + 0.944s
  7.   Valentino Rossi   Ducati          + 1.200s
  8.   Alvaro Bautista   Suzuki          + 1.319s
  9.   Hector Barbera    Aspar Ducati    + 1.427s
  10.  Nicky Hayden      Ducati          + 1.496s
  11.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda   + 1.544s
  12.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha   + 1.551s
  13.  Randy de Puniet   Pramac Ducati   + 1.650s
  14.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha   + 1.898s
  15.  Karel Abraham     Cardion Ducati  + 2.655s
  16.  Toni Elias        LCR Honda       + 2.902s
  17.  Kousuke Akiyoshi  LCR Honda       + 3.100s
  18.  Damian Cudlin     Pramac Ducati   + 3.695s
  19.  Shinichi Ito      Honda           + 4.704s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda