Scroll to Top

Anak Zaman Sekarang Cenderung Kurang Gesit

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Nov 2013

anak berlari

Kekuatan fisik generasi muda sekarang jauh lebih lemah dibandingkan anak muda pada generasi terdahulu. Studi terbaru yang dilakukan University of South Australia’s School of Health Sciences mengungkapkan, anak-anak sekarang mengalami penurunan kebugaran. Sampai-sampai, kemampuan berlari mereka cukup lambat dibandingkan anak seusia mereka pada 30 tahun yang lalu.

Penelitian yang dikomandoi Dr. Hibah Tomkinson ini mendapati bahwa penurunan kebugaran ini terjadi secara konsisten. Penyusutannya bahkan mencapai lima persen untuk masa 10 tahun. Pengetesan dilakukan dengan cara sejauhmana anak mampu berjalan menurut waktu tertentu. Ini untuk melihat ketahanan kardiovaskular mereka.

Dari data lebih dari 25 juta anak yang tersebar di 28 negara ditemukan fakta, anak-anak sekarang 90 detik lebih lama untuk bisa menyelesaikan perjalanan 1,6 kilometer dengan berlari. Peneliti mendapati kesimpulan ini setelah menganalisa data selama 46 tahun. Salah satu penyebab hal tersebut adalah obesitas. Setidaknya anak usia 9 sampai 17 tahun saat ini kerap didapati mendapatkan banyak lemak di tubuhnya.

“Bahkan, sekitar 30% sampai 60% penurunan kemampuan berjalan disebabkan karena  peningkatan massa lemak,” kata Tomkinson seperti dilansir BBC.

Oleh karena itu disarankan anak-anak sebaiknya lebih banyak mendapatkan waktu untuk bergerak. Fisik mereka harus lebih aktif secara kontinyu. Ini akan lebih menyehatkan mereka dan terhindari dari masalah masalah kardiovaskular di kemudian hari. Minimal anak-anak sebaiknya mendapatkan jatah untuk aktif secara fisik selama 60 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda