Scroll to Top

Warna Mata Bisa Diubah Permanen Lewat Implan Iris

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Nov 2013

mata

Teknologi bedah dari dari New York berhasil menemukan cara untuk mengubah warna mata secara permanen. Prosesnya melalui bedah mata untuk menanamkan implan silikon menggantikan iris mata yang ada sebelumnya. Bahkan, penggantian ini diklaim akan bertahan lama tanpa seperti halnya wanita melakukan implan payudara.

Selama ini orang yang ingin merasakan warna mata dari hitam ke biru, atau dari abu-abu ke hijau, melakukannya dengan memakai lensa kontak. Hanya saja sifatnya sementara tergantung dari petunjuk penggunaan lensa. Pemakaian lensa kontak yang salah pun turut memunculkan risiko kesehatan mata. Dibandingkan dengan temuan implan silikon pada mata ini, diyakini penemunya jauh lebih aman.

Menurut  Dr Kenneth Rosenthal dari klinik Island Eye Surgicentre, proses pembedahan memerlukan anastesi lokal pada pasien. Kornea mata pasien akan disayat kurang lebih sepanjang 2,8 milimeter, kemudian implan siliko dimasukkan. Semua proses bedah hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Meski begitu, proses penyembuhannya yang memerlukan waktu agak lama. Diperkirakan perlu satu sampai dua bulan.

Di balik manfaatnya sebagai bentuk kosmetik, iris buatan ini juga memberikan manfaat lain bagi mata yang mengalami gangguan mata. Salah satu gunanya untuk mengatasi heterochromia, yaitu perbedaan warna iris mata antara mata kanan dan kiri.

Di Amerika Serikat, prosedur ini sudah bisa dilakukan di beberapa rumah sakit. Sementara untuk kawasan Eropa segera menyusul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda