Scroll to Top

Timnas Indonesia Sudah Ganti 4 Pelatih Untuk Kualifikasi Piala Asia

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 21 Nov 2013

Rahmad Darmawan RD Jacksen F Tiago Timnas Indonesia

Timnas Indonesia memang tidak seperti timnas-timnas di negara lain. Pasalnya hanya untuk melakoni satu ajang penyisihan Kualifikasi Piala Asia saja, skuad Garuda sudah mengganti empat pelatih. Siapa sajakah mereka?

Kini pergantian pelatih kembali terjadi di tubuh Timnas Indonesia. Meski gelaran babak kualifikasi Piala Asia 2015 belum selesai, namun PSSI selaku induk federasi sepak bola di Indonesia telah memberhentikan Jacksen F Tiago.

Jika menengok ke belakang, gejolak di kepengurusan PSSI membuat organisasi pimpinan Djohar Arifin Husin itu sering kali melakukan pergantian pelatih.

Awalnya Nil Maizar yang memimpin skuat Garuda di laga babak kualifikasi Piala Asia melawan Irak pada 6 Februari.

Setelah era pelatih kelahiran Sumatera Barat itu, PSSI kemudian menyerahkan tongkat pelatih kepada Luis Manuel Blanco.

Sayangnya belum sempat meracik strategi di laga menghadapi Arab Saudi pada 23 Maret 2013, mantan pemain Boca Juniors itu didepak.

Praktis di laga melawan Arab Saudi, Indonesia dilatih oleh duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago.

Setelah laga itu Badan Tim Nasional (BTN) menugaskan kepada RD untuk menangani timnas U-23, sementara Jacksen menukangi timnas senior.

Jacksen F. Tiago mulai menangani Timnas Indonesia di pertandingan melawan Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (7 Juni 2013).

Menangani Timnas Indonesia, pencapaian Jacksen F. Tiago dengan meraih poin perdana di babak kualifikasi Piala Asia 2015 dengan menahan imbang Cina 1-1 (15 Oktober 2013).

Pelatih asal Brasil itu melatih Boaz Solossa dan kawan-kawan di enam pertandingan, hasilnya 2 kali menang, satu kali imbang, dan tiga kali kalah.

Jacksen sendiri telah menyelesaikan tugasnya setelah pertandingan melawan Irak di SUGBK pada Selasa (19/11/2013).

Setelah Jacksen F Tiago, kini PSSI memproyeksikan pelatih asal Austria Alfred Riedl untuk kembali melatih timnas Indonesia. Lantas bagaimanakah kiprah Alfred Riedl sepeninggal Jacksen F Tiago? Patut untuk ditunggu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda