Scroll to Top

Inilah Alasan Pria Punya Hidung Lebih Besar

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Nov 2013

hidung

Perbedaan fisik antara pria dan wanita bukan tanpa makna. Termasuk di antaranya yaitu perbedaan ukuran hidung. Pria cenderung memiliki hidung lebih besar dibanding wanita. Terkait hal ini, studi yang dilakukan peneliti dari Universita Iowa memberikan pemaparan yang menjelaskan perbedaan dari sisi fungsi dan penyebab terbentuknya hidung pada kedua jenis kelamin tersebut.

Dikutip dari Genius Beauty, semua ini tidak lepas dari pertumbuhan fisiologi yang dialami masing-masing phak sejak dari usia anak-anak. Pada pria yang mulai berusia 11 tahun, tubuh mereka didapati melakukan awal pertumbuhan secara aktif pada daerah hidung. Di lain sisi, hal serupa ternyata tidak diikuti oleh wanita. Walhasil pertumbuhan yang pesat membuat hdung pria menjadi lebih besar dari wanita.

Sementara dilihat dari fungsinya, keberadaan hidung besar pada pria ikut meyokong kekuatan fisiknya. Sudah lazim dipahami bahwa pria secara fisik lebih kuat dibanding wanita. Di balik itu, pria memerlukan asupan energi yang besar pula. Proses metabolisme tubuh untuk menyuplai energi memerlukan bantuan oksigen. Di sinilah peran hidung tersebut. Pria dengan hidung besarnya mampu menarik oksigen lebih banyak sehingga metabolisme energi menjadi lebih besar dalam meningkatkan kekuatan tubuh.

Di samping itu, peneliti juga menemukan alasan lain soal perbedaan ukuran hidung antara pria dan wanita. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan pula dari masa puber. Di masa puber, pria mengalami peningkatan massa otot secara signifikan pada tubuhnya termasuk bagian hidung. Sehingga, otot-otot di hidung mereka turut “membengkak’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda