Scroll to Top

Xbox One Dibongkar, Jeroan Mirip PC Desktop

By Ditya / Published on Friday, 22 Nov 2013
Xbox One
Xbox One

Setelah beberapa waktu lalu resmi diluncurkan dan memasuki pasar, konsol game Microsoft Xbox One akhirnya dibongkar. Uniknya, jeroan atau komponen yang digunakan oleh Xbox One ini mirip dengan PC desktop biasa.

Konsol game Xbox One ini dibongkar oleh iFixit yang sebelumnya telah melakukan pembongkaran pada konsol game Sony PS 4. Hal yang cukup unik dari konsol game Xbox One besutan Microsoft ini adalah kemiripan komponen dan struktur di dalamnya yang mirip dengan PC desktop.

Jeroan atau komponen yang ada di dalam konsol Xbox One ini antara lain adalah papan PCB berwarna hijau, hard disk internal SATA II 2,5 inci, dan kipas pendingin untuk mendinginkan prosesor dan grafis. Standar SATA II pada Xbox One ini memungkinkan pengguna untuk menggantinya dengan hard disk yang berkapasitas lebih besar.

Namun, untuk mengganti hard disk Xbox One ini harus terlebih dahulu membongkar modul WiFi dan speaker, hal ini membatalkan garansi dari Microsoft. Konsol Xbox One ini dilengkapi dengan kipas berukuran besar untuk mencegah overheating seperti yang terjadi pada Xbox 360.

Perangkat Blue-ray drive yang digunakan oleh konsol Xbox One ini juga sama dengan Blue-ray drive yang digunakan pada PC desktop. Sedangkan Sony PS 4 menggunakan Blue-ray drive yang berukuran lebih tipis dan agak berbeda dengan yang digunakan oleh PC desktop.

Seperti yang dilansir dari Pocket-Lint (21/11/2013), konsol game Xbox One ini mendapatkan rating repairabilty atau kemampuan diperbaiki 8 poin dan 10 poin maksimal. Sedangkan Sony PS 4 juga mendapatkan rating yang sama dengan Xbox One. Ini berarti kedua konsol game generasi baru ini mudah diperbaiki jika salah satu komponen mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda