Scroll to Top

Penyebab Uban Muncul di Usia Muda, dan Cara Pencegahannya

By C Novita / Published on Saturday, 23 Nov 2013

rambut uban

Rambut beruban adalah sebuah realitas yang harus dihadapi semua orang pada usia senja. Namun bila uban muncul di usia muda, maka pasti ada beberapa hal yang salah dengan diri dan kesehatan Anda. Kunci dari warna rambut seseorang, apakah hitam, pirang, coklat, atau merah, terletak pada zat bernama melanin yang ada di setiap helai rambut. Bila produksi melanin berkurang akibat sel pigmen tak lagi menghasilkan zat melanin, maka warna rambut akan berubah jadi transparan, putih, abu-abu, atau silver.

Berkurangnya pigmen ini alaminya terjadi seiring bertambah lanjutnya usia seseorang. Bila usia masih muda namun produksi pigmen sudah berkurang, maka ada beberapa faktor penyebab yang mungkin Anda alami. Misalnya genetik, kondisi medis atau penyakit yang dialami, dan gaya hidup tak sehat.

Situs Healthmeup memaparkan jenis penyakit yang dapat berakibat munculnya uban di kepala sebelum waktunya seperti berikut ini:

  • Penyakit tiroid. Bila kelenjar tiroid kurang aktif, atau bahkan terlalu aktif, maka produksi melanin rambut akan berkurang dan menjadi sebab munculnya uban.
  • Kurang vitamin B12. Kurangnya jenis vitamin ini pun diduga menjadi penyebab dari ubanan.
  • Vitiligo. Vitiligo adalah penyakit yang disebabkan rusaknya pigmen pada kulit dan rambut. Bila pigmen rusak, maka otomatis warna rambut pun tidak normal atau menjadi putih.

Sementara dari gaya hidup, adalah kebiasaan merokok, stres, diet yang salah, kurang gizi atau nutrisi tertentu, dan penggunaan setrika rambut atau hair dryer yang bisa jadi penyebab munculnya uban prematur.

Cara pencegahan munculnya uban di usia dini adalah dengan kembali ke gaya hidup sehat, mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin B12, dan meninggalkan produk perawatan rambut yang kurang baik semisal setrika rambut. Bila disebabkan oleh penyakit yang Anda idap, maka segeralah meminta bantuan dokter untuk menangani penyakit tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda