Scroll to Top

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Pasangan

By C Novita / Published on Saturday, 23 Nov 2013

cemburu berlebih

Cemburu adalah sebuah hal yang wajar dalam ikatan hubungan asmara. Namun bila berlebihan, itu bisa jadi tanda bahwa Anda menderita rendah diri kompleks yang obsesif. Cemburu berlebihan tak hanya merugikan Anda sendiri, namun juga merusak hubungan Anda dengan pasangan.

Dalam level rendah, cemburu akan membuat Anda merasa tak suka melihat pasangan bersama dengan orang lain. Ini biasanya disusul perilaku posesif seperti berusaha mengontrol pasangan.

Untuk mengatasi rasa cemburu berlebih yang bisa menimbulkan efek negatif pada hubungan Anda dan pasangan, Dr Sanjoy Mukerji, seorang psikolog dan konselor pernikahan di India memberi tips dan cara mudah untuk mengatasinya, seperti dilansir oleh laman Healthmeup:

  • Jangan bandingkan dengan orang lain. Biasanya rasa cemburu akan bertambah parah bila Anda membandingkan pasangan Anda dengan pasangan orang lain. Membandingkan seperti ini bisa membuat Anda rendah diri dan paranoid. Hindari membandingkan pasangan dengan orang lain, sebab setiap orang punya kondisi masing-masing yang harus disikapi secara bijak.
  • Jangan menduga-duga. Bila Anda tak bisa menghubungi ponsel pasangan, maka jangan terburu-buru berprasangka buruk dan menduga-duga hal yang negatif. Bisa jadi ia sedang bertemu klien, atau berbicara dengan bos nya. Hindari menduga atau berprasangka buruk dan cemburu buta.
  • Kegiatan produktif. Produktiflah melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda sibuk. Rasa kesepian dan tak punya sesuatu untuk dikerjakan akan memicu pikiran Anda hanya tertuju pada pasangan, dan lekas curiga atau cemburu. Mengerjakan hal yang positif akan membuat rasa rendah diri hilang.
  • Beri ruang. Anda tak harus selalu pergi berdua kemana-mana, kok. sesekali beri kesempatan pasangan melakukan kegiatan dengan temannya, dan Anda dengan teman Anda. Bila Anda curiga atau cemburu, bicarakan dengan tenang.
  • Hidup itu indah. Jangan jatuhkan diri Anda ke dalam rasa curiga, prasangka buruk, dan cemburu berlebih yang bisa membuat Anda depresi sendiri. Hidup ini indah dan simpel bila Anda memandangnya begitu. jangan dibuat berat dan sulit sendiri, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda