Scroll to Top

Hacker Anonymous Indonesia Meretas Website Bank Sentral dan Kantor Polisi Australia?

By Ditya / Published on Saturday, 23 Nov 2013

Anon

Baru-baru ini website bank sentral dan kepolisian federal Australia telah diserang peretas. Banyak pihak yang menduga bahwa pelaku peretasan website bank sentral dan kepolisian federal Australia adalah kelompok hacker Anonymous Indonesia. 

Sampai saat ini memang belum ada kejelasan dari kasus peretasan The Reserve bank of Australia (RBA) atau bank sentral Australia dan Australian Federal Police (AFP). Banyak yang menduga bahwa peretasan kedua situs tersebut dilakukan oleh Anonymous Indonesia, tetapi sampai saat ini belum ditemukan bukti  mengenai hal tersebut.

“Sejauh ini kami belum mendapatkan fakta-fakta seperti itu. Hanya kabar-kabar saja. Peretas ini sesuatu yang sulit diklaim atau dideteksi kecuali mereka meninggalkan jejak untuk diketahui,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Pernyataan Tifatul Sembiring ini juga diamini oleh Polri yang menyatakan bahwa pelaku peretasan situs bank sentral dan kepolisian Australia belum tentu orang Indonesia. Bahkan, Polri mengatakan bahwa bisa saja ada pihak lain yang mengatasnamakan orang Indonesia.

“Kalau mengatasnamakan orang Indonesia, belum tentu orang Indonesia. Jadi ini harus diteliti dulu mulai dari pusat datanya, caranya meretas seperti apa, kemudian ditelusuri lagi sehingga kami belum bisa memastikan apakah itu orang Indonesia,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto di Mabes Polri, dilansir dari Kompas (22/11/2013).

Namun Radio Australia melaporkan bahwa pelaku peretasan tersebut mengaku anggota kelompok Anonymous Indonesia dan menyatakan bertanggung jawab atas peretasan RBA dan AFP.

“ABC mencoba mengakses website AFP, www.afp.gov.au, Kamis (21/11/2013) Pukul 12:00 siang waktu Melbourne, namun tidak bisa terbuka. Tapi website RBA di www.rba.gov.au tampaknya tidak mengalami masalah,” tulis Radio Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda