Scroll to Top

Inilah 6 Superkomputer Tercepat di Dunia

By Ditya / Published on Saturday, 23 Nov 2013
Cray Piz Daint
Cray Piz Daint

Situs TOP500 telah merilis 6 superkomputer tercepat di dunia minggu ini yang menampilkan superkomputer canggih dengan kinerja yang dahsyat. Seperti yang kita ketahui, situs TOP500 menampilkan 500 superkomputer di dunia yang selalu diperbarui. Siapakah 6 superkomputer tercepat? Simak ulasan berikut ini.

  1. Tianhe-2 adalah superkomputer tercepat di dunia saat ini yang ditenagai oleh perpaduan antara prosesor Intel Xeon dengan akselerator Xeon Phi. Kinerja yang dihasilkan superkomputer Tianhe-2 ini cukup mencengangkan, yakni 33,8 PFLOPS, hampir dua kali lipat lebih cepat dari kinerja superkomputer di bawahnya.
  2. Posisi kedua diduduki oleh Titan yang ditenagai oleh duet prosesor AMD Opteron dan akselerator grafis dari Nvidia Tesla K20X. Superkomputer Titan ini mampu memuntahkan kinerha hingga 17,59 PFLOPS dengan konsumsi daya yang cukup efisien, yakni 8209 kW.
  3. Posisi ketiga diduduki oleh superkomputer IBM Sequoia yang mengunakan basis arsitektur BlueGene/Q yang didalamnya diotaki oleh prosesor IBM PowerPC yang memiliki kinerja tinggi. Superkomputer IBM Sequoia ini mampu memuntahkan kinerja hingga 17,1 PFLOPS dengan konsumsi daya 7890 kW.
  4. Posisi keempat diduduki oleh superkomputer K Computer buatan Fujitsu yang ditenagai oleh prosesor SPARC64. Superkomputer K Computer ini mampu memuntahkan kinerja hingga 10,5 PFLOPS dengan konsumsi daya 12.660 kW.
  5. Posisi kelima diduduki oleh superkomputer Mira yang mengunakan basis arsitektur BlueGene/Q yang didalamnya diotaki oleh prosesor IBM PowerPC yang memiliki kinerja tinggi, sama dengan Squoia. Mira mampu menghasilkan kinerja hingga 8,5 PFLOPS dengan konsumsi daya 3945 kW.
  6. Posisi keenam ada superkomputer Piz Daint yang ditenagai oleh kombinasi prosesor Intel Xeon dan akselerator grafis dari Nvidia Tesla yang mampu menghasilkan kinerja yang cukup tinggi. Piz Daint mampu menghasilkan kinerja hingga 6,2 PFLOPS dengan konsumsi daya 1753 kW.
Tianhe-2
Superkomputer Tianhe-2

Superkomputer yang ada di dunia ini menggunakan arsitektur dan prosesor yang berbeda-beda. Banyak yang menggunakan prosesor PowerPC besutan IBM, Opteron besutan AMD, atau Xeon buatan Intel. Beberapa superkomputer juga menggunakan akselerator seperti Nvidia Tesla dan Xeon Phi untuk mencapai kinerja puncak yang tinggi.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (22/11/2013), superkomputer akan terus berkembang dan tahun depan diperkirakan akan semakin banyak superkomputer yang menggunakan akselerator grafis untuk meningkatkan kinerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda