Scroll to Top

Kasus Penyadapan SBY oleh Australia, Indosat & Telkomsel Klaim Tidak Terlibat

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 23 Nov 2013

SBY

Kasus penyadapan SBY oleh Australia masih menjadi teka-teki. Bagaimana itu terjadi dan bagaimana caranya. Terkait perihal jalur telekomunikasi, dua provider papan atas tanah air enggan dikaitkan. Baik Telkomsel dan Indosat kompak klaim tidak terlibat.

Penyadapan yang dilakukan bulan Agustus tahun 2009 itu tidak hanya ‘menguping’ nama SBY seorang. Ibu negara dan sejumlah nama menteri senior ikut terseret. Baik Telkomsel dan Indosat mengaku telah lakukan langkah operasional sesuai prosedur.

“Kami sudah sesuai prosedur. Kami juga sudah amankan semua jaringan,” ujar Fadjri Santosa, Direktur PT Indosat Tbk yang dikutip dari Sindonews.

Namun ini bukan berarti mereka lepas tanggung jawab begitu saja. Indosat tetap akan lakukan pengecekan ulang mengenai hal tersebut.

“Ada imbauan dari Pak Menteri, tujuh instruksi tadi. Kami akan lakukan pengecekan itu. Tapi, sampai saat ini, kami sudah lakukan pengecekan. Kami tidak temukan sama sekali. Kami sudah cek, semua sesuai dengan Undang-undang,” sambungnya.

Sementara itu Abdus Somad Arief, Direktur Network Telkomsel juga senada. Telkomsel selama ini sudah penuhi standar yang berlaku dalam tiap operasionalnya.

“Jadi, akan kami lakukan pendalaman. Memeriksa kembali, walaupun kami sudah yakini semua  proses, dan standar yang berlaku sudah kami lakukan dengan baik,” terangnya.

Telkomsel sendiri akan tetap lakukan audit internal sebagaimana intruksi Menkominfo Tifatul Sembiring. Diharapkan dengan langkah ini kasus serupa tidak akan terjadi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda