Scroll to Top

Odin, Chipset Smartphone 8 Core Besutan LG

By Ditya / Published on Saturday, 23 Nov 2013
LG G Pad
LG G Pad

LG dikabarkan telah menyiapkan chipset untuk smartphone yang mengusung prosesor 8 core atau octa-core yang menggunakan nama sandi Odin. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, LG berencana untuk membuat chipset sendiri untuk smartphone dan tablet besutannya.

Seperti apa chipset Odin besutan LG ini? Chipset LG Odin 8 core ini kabarnya akan mengusung arsitektur big.LITTLE yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 2,2GHz untuk kinerja yang powerfull dan quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,7GHz untuk menghemat konsumsi daya saat menangani tugas ringan.

Chipset LG Odin ini juga memiliki kemampuan untuk memutar dan merekam video 4K. Tak hanya itu, chipset Odin ini juga akan hadir dalam dua varian, yakni quad-core dan octa-core. Varian quad-core akan digunakan pada LG Smart TV. Sedangkan varian octa-core akan digunakan pada smartphone dan tablet.

Sekilas, chipset Odin besutan LG ini sangat mirip dengan Samsung Exynos 5 Octa yang saat ini telah memasuki generasi kedua. Melihat spesifikasi yang diusung oleh chipset Odin, maka ia akan bersaing dengan chipset kelas atas lainnya seperti Qualcomm Snapdragon 800, Samsung Exynos 5 Octa, dan MediaTek MT6589.

Langkah LG untuk membuat chipset sendiri melalui proyek Odin ini cukup tepat untuk memangkas biaya produksi. Jika LG mampu membuat chipset sendiri, maka harga produknya dapat dipangkas dan tentunya akan memberi dampak pada persaingannya di pasar.

Seperti yang dilansir dari Pocket Lint (22/11/2013), Samsung dan Huawei telah lebih dulku memproduksi chipset sendiri. Samsung mengandalkan jajaran Exynos, Huawei mengandalkan jajaran HiSilicon. LG pun tak lama lagi akan mengandalkan chipset Odin buatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda