Scroll to Top

Jangan Asal Comot Foto di Twitter, Denda Rp 14 Miliar Menanti

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 23 Nov 2013

Twitter

Kasus ini mungkin bisa jadi pelajaran berharga. Jumat (22/11/13) lalu, pada sidang federal di New York, AS, dua perusahaan media besar diperintahkan membayar denda 1,2 juta dolar atau sekitar Rp 14 miliar sebagai ganti rugi pencomotan foto tanpa izin yang diunggah di Twitter.

Dua perusahaan media besar yang dimaksud adalah Agence France-Presse (AFP) dan Getty Images. Keduanya melanggar Undang-Undang Hak Cipta tatkala gunakan foto milik fotografer freelance, Daniel Morel yang sebelumnya diunggah di Twitter.

Foto yang dimaksud dijepret Morel di kota asalnya, Haiti, pasca gempa bumi pada tahun 2010 silam yang tewaskan seperempat juta orang. Kasus itu sendiri adalah kasus perdana yang libatkan sengketa foto yang diunggah di media sosial untuk tujuan komersil.

Baik AFP dan Getty kompak bungkam tak berkomentar atas putusan juri di kasus ini. Yang jelas, Hakim Distrik AS, Alison Nathan yang pimpin persidangan tersebut pada Januari 2013 lalu telah putuskan dua perusahaan kondang itu lakukan pelanggaran.

Sengketa ini bermula tatkala editor foto AFP melihat foto yang dipublikasikan Morel di Twitter yang kemudian ia teruskan ke Getty Images. Lalu, foto ini disebarkan ke klien Getty serta beberapa jaringan televisi serta Washington Post.

AFP sempat tawarkan pembayaran ganti rugi senilai 120.000 dolar atau sekitar Rp 1,4 miliar. Sedangkan media lain yang gunakan foto Morel juga telah tawarkan ganti rugi dengan nilai yang tidak disebutkan. Mereka yakni Washington Post, CBS, ABC, dan CNN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda