Scroll to Top

Angelina Sondakh Dihukum 12 Tahun Penjara Terkait Kasus Korupsi

By Ika / Published on Saturday, 23 Nov 2013

Angelina Sondakh

Angelina Sondakh kini mendapat tambahan hukuman. Bila sebelumnya ia divonis penjara selama 4,5 tahun saja, kini mantan Puteri Indonesia yang terlibat kasus korupsi tersebut harus menjalani hukuman 12 tahun penjara.

“Terdakwa ini aktif meminta imbalan uang ataupun fee kepada Mindo Rosalina Manulang sebesar 7% dari nilai proyek dan disepakati 5%,” ujar Ketua Majelis Kasasi Artidjo Alkostar.

Selain vonis penjara 12 tahun, Angelina Sondakh juga diwajibkan untuk mengembalikan uang suap sebesar Rp12,58 miliar dan 2,35 juta USD yang sebelumnya sudah dikantongi Angie. Apabila tidak dibayarkan, maka Angie harus membayarnya dengan masa kurungan selama 5 tahun.

Hukuman yang diterima Angie inipun terbilang cukup mengejutkan, namun banyak pihak yang setuju akan hal ini. Pakar hukum Margarito misalnya, ia menilai bahwa penambahan hukuman Angie adalah langkah yang tepat.

“Ini sangat tepat, karena posisi Angelina sebagai anggota DPR yang menentukan anggaran. Karena anggaran untuk kesejahteraan rakyat yang dikorupsi,” katanya.

Anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul juga mengungkapkan hal senada. Sekalipun dulu Angie berada dalam satu partai yang sama dengannya, Ruhut setuju bila istri alm. Adjie Massaid tersebut dihukum berat.

“Memang (Angie) harus dihukum seberat-beratnya,” kata Ruhut.

Sementara itu, politikus PDIP Hendrawan Supratikno menilai bahwa penambahan masa hukuman Angie bisa memberikan efek jera pada pelaku serta peringatan bagi mereka yang ingin korupsi.

“Kita harapkan semua lembaga hukum serempak menerapkan psikologi kejeraan ini. Sehingga tidak ada lagi penyelenggara negara untuk melakukan tindak korupsi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda