Scroll to Top

Matias Ibo, Fisioterapis Pertama di Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Saturday, 23 Nov 2013

Matias Ibo timnas indonesia

Bagi persepakbolaan nasional, khususnya untuk Timnas Indonesia, kehadiran Matias Ibo boleh dibilang menjadi terobosan baru. Bagaimana tidak? Matias Ibo adalah fisioterapis pertama yang menangani Timnas Indonesia setelah sebelumnya tim Garuda hanya mengandalkan ahli pijat dan dokter tim untuk mengurusi persoalan fisik, termasuk cedera, yang dialami para pemainnya.

Matias Ibo merupakan lulusan dari International Academie Physiotherapy Thim van der Laan Utrecht yang terletak di Belanda, ia mengambil jurusan sport physiotherapists yang kemudian ternyata memberikan manfaat untuk tanah airnya.

Saat pulang kampung ke Malang beberapa tahun lalu, Matias Ibo dihubungi oleh Iman Arif yang saat itu menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, untuk bergabung dengan Timnas Indonesia sebagai fisioterapis.

Sebelum akhirnya terdepak dari BTN akibat konflik PSSI, Iman Arif memang dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan sepakbola Indonesia dan memiliki banyak gagasan baru.

Matias Ibo Saat Menangani Pemain Timnas Indonesia
Matias Ibo Saat Menangani Pemain Timnas Indonesia

Tawaran dari Iman Arif tersebut tampaknya menarik hati Matias Ibo. Tanpa pikir panjang, arek Malang kelahiran 6 Desember 1978 ini pun bersedia menerima ajakan BTN sebagai fisioterapis Timnas Indonesia untuk yang pertama kalinya.

Setelah kurang lebih 2 tahun menjalani karirnya sebagai fisioterapis Timnas Indonesia, akhirnya beberapa bulan lalu, Matias Ibo menyatakan undur diri. Ia ingin meniti karir mandiri dengan membuka praktik layanan jasa fisioterapi dan sesekali tetap nimbrung di ranah sepakbola, meskipun tak lagi di tim Garuda.

Berita terakhir, Matias Ibo dikabarkan turut menyertai Tristan Alif Naufal, anak Indonesia berusia 8 tahun yang sudah piawai bermain bola, ke markas Ajax Amsterdam di Belanda untuk memenuhi undangan trial beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda