Scroll to Top

4 Tanda Masa Subur Wanita Sedang Berlangsung

By C Novita / Published on Sunday, 24 Nov 2013

masa subur wanita

Apa itu masa subur wanita? Masa subur biasanya terjadi saat sel telur sedang dilepaskan dari tempat produksinya di ovarium. Nah, ini berarti sel telur tersebut sudah bisa dibuahi oleh sperma, dan kemungkinan peluang wanita tersebut untuk hamil lebih besar. Ini bila kebetulan ada sperma yang mendatanginya.

Kapan biasanya masa subur wanita terjadi? Masa subur bisa dihitung datangnya dari hari pertama seorang wanita mengalami haid. Biasanya ada di hari ke 12-16 dari hari pertama haid tersebut. Ini untuk wanita yang mengalami siklus normal, atau waktu haidnya secara teratur datangnya.

Namun bila Anda kesulitan menghitung masa subur wanita, maka berikut ada tanda-tanda yang bisa dirasakan bila seorang wanita sedang mengalami masa subur, seperti dilansir oleh Vemale:

  • Tekstur lendir berubah

Saat masa subur, jumlah hormon esterogen akan meningkat dan ini berpengaruh terhadap jumlah dan tekstur lendir di Miss V. Biasanya jumlahnya akan bertambah, dan teksturnya berbeda dengan hari biasanya. Warnanya jernih, licin dan tidak menggumpal.

  • Suhu tubuh naik

Saat masa subur biasanya suhu tubuh wanita meningkat lebih tinggi dari hari biasanya. Biasanya naik 0,5 derajat celsius dari normal. Ini disebut suhu basal, dan agak sulit sebenarnya dideteksi. Cara mengetahuinya, Anda harus mengukur suhu tubuh Anda dan membandingkannya dari hari sebelumnya.

  • Nyeri perut bawah

Beberapa wanita yang peka, akan merasakan perbedaan dari rasa nyeri yang terjadi di bagian perut bawah mereka saat masa subur sedang terjadi. Rasa nyeri ini berbeda dari rasa nyeri saat haid.

  • Alat tes

Saat ini telah tersedia alat tes kesuburan yang dijual bebas di apotik. Anda dapat melakukan tes kesuburan dengan alat tersebut, untuk hasil yang lebih akurat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda