Scroll to Top

Status Gunung Sinabung Meningkat, Warga Mengungsi

By C Novita / Published on Sunday, 24 Nov 2013

Setelah beberapa lama terbatuk-batuk, status Gunung Sinabung dinaikkan dari status “Siaga” ke level “Awas”. Peningkatan status gunung berapi aktif yang terletak di dataran tinggi Karo ini terjadi sejak Minggu 24/11/2013, yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Prosedur peningkatan status sebuah gunung api dari level “Siaga” ke level “Awas” adalah bila ada indikasi kemungkinan terjadinya letusan susulan yang lebih besar. Selain itu adalah bila material yang dikeluarkan oleh gunung tersebut sudah mencapai jarak lebih dari 4 kilometer di daerah sekitarnya.

Hal tersebut diterangkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir oleh laman situs Tribunnews.

“Status Awas merupakan status tertinggi dari aktivitasnya gunung api dan  diperkirakan akan kembali terjadi letusan. Dinaikkan status Awas karena diindikasikan dengan peningkatan intensitas letusan dan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 sentimeter hingga mencapai jarak 4 kilometer,” kata Sutopo.

Indikasi yang bisa dilihat adalah dari jauhnya abu vulkanik Gunung Sinabung yang dilontarkan dan terbawa angin hingga ke Kota Medan. Padahal letak Kota Medan dengan Gunung Sinabung berjarak sekitar 80 km. Itu yang menyebabkan Kepala PVMBG meningkatkan status Gunung Sinabung ke level III dan melaporkannya kepada Kepala BNPB.

Warga masyarakat yang bermukim dalam radius 5 km di sekitar kawah Gunung Sinabung diperintahkan mengungsi dan telah dilakukan proses evakuasi untuk mencegah berbagai hal yang tak diinginkan.

“Sekitar lebih dari 500 personil dari BNPB, BPBD Sumut, TNI, Polri, SKPD dan relawan dikerahkan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung,” pungkas Sutopo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda