Scroll to Top

Jim Geovedi Hacker Indonesia dengan Reputasi Internasional

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Nov 2013
Jim Geovedi
Jim Geovedi (tengah).

Tidak sedikit media internasional menyebut Jim Geovedi sebagai orang berbahaya. Ia adalah hacker asal Indonesia yang miliki reputasi dunia. Salah satu kemampuanya yang menakjubkan ialah mampu menggeser posisi (meretas) satelit.

Pada sebuah kesempatan, ia menklaim bila mau bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia. Demikian akunya pada Deutsche Welle yang diamini Enda Nasution, pengamat IT sekaligus Bapak Blogger Indonesia.

Jim Geovedi adalah hacker Indonesia yang telah hilir mudik di seantero Eropa. Ia miliki reputasi global dan jadi pembicara di pertemuan hacker internasional di Berlin, Amsterdam, Paris, Toronto, hingga Krakow.

Dalam sebuah pertemuan hacker internasional – Jim lebih suka menyebutnya dengan seminar sistem keamanan – ia mempertunjukkan kebolehannya dalam mengubah arah gerak atau bahkan menggeser satelit. Aksinya ini mengundang decak kagum dan jadi hits di Youtube.

Mulai tahun 2012 ia pindah ke London, Inggris dan dirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi bersama rekannya. Jim Geovedi bukanlah seorang lulusan sekolah IT ternama. Ia hanya lulusan SMA dan jalani kehidupan super keras di Bandar Lampung sebagai seorang seniman.

Pada suatu ketika ia dikenalkan seorang pendeta dengan komputer dan internet. Pada saat itu pula ia mulai bersentuhan secara otodidak dengan keduanya dan menelusuri ruang-ruang obrolan percakapan daring para peretas dunia.

Namun Jim Geovedi enggan disebut sebagai seorang hacker atau pakar (ahli). Ia lebih menyukai bila disebut sebagai seorang pengamat. Seorang partisipan aktif dalam seni mengawasi dari tempat yang jauh dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda