Scroll to Top

Moto GP 2014 Diikuti 13 Tim & 24 Pembalap

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 25 Nov 2013

Moto GP 2014 Diisi 13 Tim & 24 Pembalap

MotoGP 2014 mendatang akan diramaikan oleh 13 tim dan 24 pembalap. Ada pula regulasi baru mulai musim depan, yaitu klasifikasi Factory (Pabrikan) dan Open (Terbuka) yang menggantikan klasifikasi prototype dan CRT (Claiming Rule Team). Akan halnya sang juara bertahan Marc Marquez (Honda), tetap memakai nomor 93.

Jumlah pembalap yang akan berpartisipasi musim depan, berarti tak mengalami perubahan dibandingkan dengan Moto GP 2013. 11 di antaranya adalah pembalap tim pabrikan, dan 13 sisanya tampil untuk tim dengan kelas ‘terbuka’.

Dari 13 tim yang akan bertempur pada ajang MotoGP tahun depan, 11 tim akan menurunkan masing-masing dua pembalap. Akan halnya dua tim independen, LCR dan Cardion, hanya akan diwakili oleh satu pembalap. Ioda dan Paul Bird Motorsport (PBM) saat ini masih menyodorkan satu nama meski sama-sama meminta dua jatah pembalap.

Berbeda dengan musim lalu, tahun depan ada regulasi baru. Pembagian tim tidak lagi didasarkan pada prototype dan CRT, tetapi pada istilah ‘pabrikan’ dan kelas ‘terbuka’. Klasifikasi ini merupakan jawaban atas kendala musim lalu; ketika terbukanya kemungkinan tim pabrikan membeli mesin yang digunakan tim CRT andai tergoda pada performa mesin tersebut. Akibatnya, tim seperti Honda dan Yamaha jerih, khawatir teknologi mereka diambil pabrikan lain.

Perbedaan pabrikan dan kelas ‘terbuka’ musim depan, didasarkan pada pemakaian perangkat lunak ECU (Electronic Control Unit). Pabrikan adalah tim yang memakai ECU yang dikembangkan sendiri. Tentu dengan catatan, bahan bakar 20 liter per balapan, dan maksimal memakai lima mesin dalam semusim. Akan halnya kelas ‘terbuka’, memakai ECU standard MotoGP yang jatah bahan bakar setiap racenya, 24 liter. Plus, bisa memakai 12 mesin dalam semusim.

Dalam list pembalap tahun depan, tambahan terbaru adalah hadirnya seorang Mike de Meglio yang akan memperkuat tim Avintia Blusens. Sementara Pramac dan Gresini membagi dua pembalapnya dalam kategori pabrikan dan kelas ‘terbuka’.

Berikut ini daftar pembalap untuk MotoGP 2014.

Nomor lambung Pebalap Tim Motor Kategori
4 Andrea Dovizioso Ducati Ducati Factory
5 Colin Edwards Forward FTR/Yamaha Open
6 Stefan Bradl LCR Honda Factory
7 Hiroshi Aoyama Aspar Honda Open
8 Hector Barbera Avintia FTR Open
9 Danilo Petrucci Ioda Menyusul Open
17 Karel Abraham Cardion AB Honda Open
19 Alvaro Bautista Gresini Honda Factory
26 Dani Pedrosa Honda Honda Factory
29 Andrea Iannone Pramac Ducati Factory
35 Cal Crutchlow Ducati Ducati Factory
38 Bradley Smith Tech 3 Yamaha Factory
41 Aleix Espargaro Forward FTR/Yamaha Open
44 Pol Espargaro Tech 3 Yamaha Factory
45 Scott Redding Gresini Honda Open
46 Valentino Rossi Yamaha Yamaha Factory
63 Mike di Meglio Avintia FTR Open
68 Yonny Hernandez Pramac Ducati Open
69 Nicky Hayden Aspar Honda Open
70 Michael Laverty Paul Bird PBM/ART Open
93 Marc Marquez Honda Honda Factory
99 Jorge Lorenzo Yamaha Yamaha Factory
Menyusul Menyusul Ioda Menyusul Open
Menyusul Menyusul Paul Bird PBM/ART Open

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda