Scroll to Top

Steve Jobs Sempat Ingin Matikan Dropbox

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Nov 2013

Rmah Steve Jobs dibobol maling

Mendiang Steve Jobs ternyata sempat ingin layanan penyimpanan di ‘awan’ Dropbox ‘dibinasakan’. Niat ini terbesit setelah Apple gagal lakukan akuisisi terhadap start-up besutan Drew Houston itu beberapa tahun yang lalu.

Lantas, apa maksud Steve Jobs dengan pernyataan ‘membunuh’ Dropbox di atas? Ternyata, tatkala Drew Houston menolak akuisisi yang diberikan, sang inovator Apple itu berikan ancaman akan merilis layanan terkait.

Dan ternyata benar saja, enam bulan pasca penolakan itu, Apple merilis iCloud. Layanan penyimpanan di ‘awan’ yang laris manis digunakan di perangkat iPad serta iPhone.

“Ia (Steve Jobs) memanggil saya saat peluncuran iCloud. Di tengah acara ia berujar jika akan membunuh kita (Dropbox) dengan iCloud,” terang Houston.

Pada saat bertemu Steve Jobs pertama kali Drew Houston memang tak menentukan berapa harga Dropbox. Ia sama sekali tak miliki niatan untuk menjualnya. Namun pada saat itu Dropbox butuhkan dana sekitar 7 miliar dolar untuk biaya operasional bisnis.

“Steve Jobs sangat to the point. Jumlah itu (7 miliar) cukup besar. Mengingat Apple saat itu alami defisit 1 miliar dolar,” kenangnya.

Setelah perbincangan tersebut gagal Steve Jobs kemudian layangkan ‘ancaman’. Ia tidak menyebut akan membinasakan Dropbox namun bakal hadirkan sebuah layanan tandingan. Enam bulan setelah itu lahirlah iCloud.

Dropbox hingga hari ini telah miliki sekitar 200 juta pengguna. Meski terus mendapat saingan diantara layanan cloud sejenis termasuk iCloud, Drew Houston berjanji akan menambah fitur-fitur baru bagi pengguna dan kembangkan sinkronisasi ke banyak platform lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda