Scroll to Top

6 Sebab Ketombe Muncul di Kepala

By C Novita / Published on Monday, 25 Nov 2013

ketombe

Ketombe adalah hal yang mengganggu, sebab menyebabkan rasa gatal serta kotoran di rambut. Kadang kotoran berupa serpihan putih ketombe pun menempel di baju, hingga menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Sebenarnya apa sih, penyebab munculnya ketombe di kulit kepala? Allwomenstalk melansir 7 sebab di antaranya seperti berikut:

  • Panas. Suhu panas yang dialami oleh kulit kepala dapat jadi pemicu munculnya ketombe. Misalnya karena pemakaian hair dryer dan jilbab yang terlalu ketat dan lama serta dari bahan yang panas. Solusinya, jangan terlalu sering memakai pengering rambut dengan suhu panas, dan gunakan jilbab yang bahannya nyaman serta dingin.
  • Shampo tak bersih. Sisa shampo yang menempel di kulit kepala bisa memicu munculnya ketombe. Jadi bila keramas, usahakan membilas rambut dan kulit kepala hingga benar-benar bersih.
  • Stres. Ya, stres bisa memicu munculnya ketombe. Termasuk juga bisa menjadi sebab rambut rontok. Jadi, hindari stres bila Anda ingin punya rambut cantik dan bebas ketombe.
  • Gizi dan makanan. Makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B dapat mencegah munculnya ketombe di kulit kepala Anda. Jadi bila Anda tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut, ada kemungkinan kesehatan kulit kepala dan rambut menurun hingga muncul ketombe.
  • Sering keramas. Setiap hari keramas bisa menyebabkan kondisi kulit kepala tak sehat. Demikian pula bila jarang keramas, sebab kotoran pasti akan menumpuk. Kedua kondisi tersebut memicu munculnya ketombe.
  • Tak cocok dengan produk rambut. Kebiasaan berganti-ganti shampo atau kondisioner, dan berbagai produk perawatan rambut lainnya akan memicu munculnya ketombe. Sama seperti kulit wajah, kulit kepala pun tak boleh diperlakukan sembarangan. Pilihlah produk yang sesuai jenis kulit, dan jangan mudah berganti produk.

Dengan menghindari penyebab ketombe di atas, maka mudah saja Anda sembuh dari sakit menyebalkan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda