Scroll to Top

Blackberry Akuisisi ScrOON, Langkah Awal Monetisasi BBM

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Nov 2013

BBM Android

BBM di Android dan iOS dihadirkan secara gratis. Free saat mengunduh dan free pula kala menggunakan. Pengguna hanya dibebankan soal tagihan data sesuai provider berlangganan mereka. Meski kini gratis bukan berarti Blackberry tidak miliki rencana mengeruk keuntungan. Adalah ScrOOn sebagai pintu gerbang mereka lakukan monetisasi.

Banyak pertanyaan yang muncul setelah BBM lintas platform meluncur. Dari mana Blackberry datangkan keuntungan setelah layanan pesan instan mereka digratiskan ke platform lain? Muncul spekulasi jika Blackberry akan hadirkan iklan di BBM. Muncul pula asumsi lain jika proses monetisasi akan hadir via BBM Channel.

Nampaknya asumsi terakhir yang setidaknya mendekati dengan fakta di lapangan. Beberapa waktu lalu Blackberry dikabarkan telah lakukan akuisisi terhadap ScrOOn, sebuah perusahaan yang membantu mengelola laman media sosial brand besar internasional.

Klien ScrOOn bukan nama-nama enteng. Sebut saja ada Warner Bros Entertartaintmen dan LVMH. Lantas, bagaimana Blackberry lakukan monetisasi setelah lakukan akuisisi terhadap ScrOOn?

Kemungkinan besar Blackberry akan mamfaatkan fitur BBM Channel. Ini berarti fitur tersebut sebagai pintu masuk monetisasi yang ada yang dikelola langsung oleh ScrOOn yang memang miliki pengalaman untuk itu.

BBM Channel nantinya akan dikelola khusus dan dibuat lengkap dengan kategori tertentu mulai entertaintment hingga fashion. Channel ini bisa dipakai pula sebagai media promosi dan marketing bagi perorangan, perusahaan, hingga brand.

Dari channel-channel ini lah Blackberry akan maksimalkan potensi yang dimiliki ScrOOn untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Sayangnya tak ada detail pasti bagaimana wujud BBM Channel itu nantinya atau kapan waktu ketersediaannya di BBM lintas platform atau non Blackberry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda