Scroll to Top

Google Hapus 200 Juta Tautan Penyedia Konten Bajakan Selama 2013

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Nov 2013

Google

Google tak main-main dalam perang terhadap pembajakan di internet. Untuk tahun ini saja, mereka telah menghapus sekitar 200 juta tautan yang sediakan konten bajakan.

Data yang dilansir dari Torrent Freak menyebut jika Google akan menghapus hingga 250 juta tautan sampai akhir tahun 2013. Tautan terbanyak yang di-delete yakni dari situs FilesTube.

Google menghapus tautan bukannya tanpa dasar atau sebab. Raksasa pencarian ini juga menerima permintaan dari perusahaan atau pihak yang merasa dirugikan atas ‘bergentayangannya’ tautan bajakan tersebut.

Secara keseluruhan Google diminta men-delete 295.726 domain berdasar permintaan 29.434 pemegang hak cipta. Bahkan Google miliki rekor tersendiri dalam menghapus tautan ini. Tercatat mereka mampu men-delete delapan tautan per detik.

Meskipun telah berusaha semaksimal mungkin namun tetap saja pemilik hak cipta tidak puas dengan apa yang dilakukan Google. Mereka dianggap bertanggung jawab dan Google adalah perujuk alamat penyedian konten bajakan.

Hal ini disampaikan oleh Motion Picture Association of America (MPAA) yang mengangangap apa yang dilakukan Google belum bisa mencegah orang-orang mencari dan mengunduh konten ilegal.

Menurut MPAA Google dianggap ‘biang keladi’ sebab memberi informasi terhadap konten yang melanggar hak cipta meski pengguna pada saat mencari tidak sedang menelusuri konten seperti itu (piracy).

Google sendiri hingga akhir September tahun ini telah menerima permintaan dari 5.407 pemilik hak cipta untuk segera menghapus 5,3 juta tautan yang melingkupi 37.413 domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda