Scroll to Top

Twitter Enkripsi Data Pengguna, Cegah NSA Lakukan Penyadapan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Nov 2013

Twitter

Sejumlah perusahaan teknologi berbasis internet dirudung rasa kekhawatiran. Mereka tengah mendapat sorotan negatif terkait isu permintaan data yang diakukan oleh NSA. Twitter, salah satu perusahaan yang tercatut lakukan teknologi enkripsi data guna mencegah kejadian ini berulang.

Badan Intelejen Amerika atau NSA lakukan aksi spionase untuk masuk ke server perusahan teknologi (internet) demi penuhi kebutuhan data yang mereka butuhkan. Terkait Twitter, mereka menklaim miliki algoritma keamanan terbaru yang lakukan enkripsi data pribadi pengguna.

Twitter sendiri lakukan kebijakan tersebut setelah mendapat masukan serta rekomendasi para pakar keamanan internet. Mereka menyebut sistem kemanan tersebut dengan nama Perfect Forward Secrecy.

Lebih lanjut, algoritma keamanan ini dipakai di enkripsi standar HTTPS dan tim Twitter ciptakan ‘kunci’ unik untuk lindungi data tersebut yang diyakini sangat sulit untuk diretas bahkan oleh tim NSA sekalipun.

Akan tetapi Twitter sejatinya cukup terlambat terapkan sistem keamanan yang demikian. Sebagaimana contoh Yahoo! yang telah lakukan teknologi serupa beberapa waktu lalu. Sedangkan cara yang dilakukan juga sama dengan membuat algoritma yang lebih kuat dalam enkripsi standar HTTPS.

Apa yang dilakukan Yahoo! merupakan usaha keras dari Marissa Mayer untuk mengembalikan kepercayaan pengguna. Sebab pasca kasus terungkapnya data yang diminta oleh NSA tidak sedikit pengguna yang mulai tak percaya lagi dengan layanan sejumlah perusahaan berbasis internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda