Scroll to Top

4 Olahraga Ideal Bagi Kesehatan Jantung

By C Novita / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

olahraga

Anda tak perlu memilih jenis olahraga ekstrim untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga ringan namun teratur sudah cukup kok, untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan olahraga selama minimal 150 – 75 menit per minggu, yang dapat Anda atur sendiri waktunya sesuai jadwal Anda. Misalnya berjalan kaki 20 menit setiap hari, dan sisanya melakukan olahraga lain.

Jenis olahraga yang disarankan untuk menurunkan resiko penyakit jantung, seperti dilansir oleh laman Sheknows adalah:

  • Berjalan. Tubuh manusia dirancang untuk berjalan. Apakah dilakukan di treadmill atau di alam, berjalan terbukti meningkatkan kesehatan manusia. Tak perlu pelatih atau persiapan khusus untuk jalan santai. Cukup sepatu olahraga dan musik untuk membuat Anda lebih bersemangat. Dan efeknya, kebugaran tubuh Anda akan lebih terjaga.
  • Joging. Joging atau lari santai pun mudah saja dilakukan oleh setiap orang. Ini adalah olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan jantung, juga meningkatkan kebugaran, daya tahan tubuh, dan kekuatan.
  • Berenang. Kolam renang adalah cara yang menyenangkan untuk membuang rasa malas dan kebiasaan duduk di depan tivi. Berenang melatih hampir semua otot tubuh manusia, meningkatkan detak jantung, termasuk juga menyehatkannya. Bila Anda punya masalah dengan sendi yang sakit bila digunakan berjalan atau berlari, maka renang adalah alternatifnya.
  • Bersepeda. Bersepeda adalah olahraga kardiovaskular yang menyenangkan, sekaligus latihan ringan untuk sendi dan otot. Bila tak punya waktu khusus untuk bersepeda, Anda bisa bersepeda ke kantor, atau tempat aktifitas rutin Anda lainnya. Selain menyehatkan, kegiatan tersebut juga baik bagi lingkungan, sebab meminimalkan polusi udara.

Lakukan jenis olahraga di atas secara teratur, dan Anda bisa rasakan manfaatnya bagi kesehatan jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda