Scroll to Top

Hacker NSA Menyusup & Menginfeksi 50.000 Jaringan Selama 14 Tahun

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

Hacker NSA

Sebuah tim hacker besar dari NSA (National Securitiy Agency) yang merupakan salah satu lembaga keamanan Amerika Serikat dikabarkan telah meretas, menginfeksi, dan menyusup di 50.000 jaringan di seluruh dunia dalam waktu 14 tahun, yakni antara tahun 1998 hingga 2012.

Sebuah dokumen yang dirilis oleh Edward Snowden mengatakan bahwa NSA mempekerjakan sebuah tim besar yang terdiri dari 1.000 hacker yang disebut dengan departemen Tailored Access Operations (TAO) untuk meretas, menginfeksi, dan menyusup di jaringan komputer.

Dokumen yang dirilis oleh Edward Snowden ini berupa file PowerPoint yang dimuat di koran Belanda, NRC Handelsblad yang menampilkan statistik bersama informasi tentang aktivitas agen Computer Network Exploitation (CNE). Informasi ini tentu saja sangat mengejutkan semua pihak.

Berdasarkan informasi yang dimuat di Washington Post menyebutkan bahwa departemen TAO tersebut telah menginfeksi dan meretas 20.000 jaringan dengan perangkat lunak berbahaya pada tahun 2008. Empat tahun kemudian, jumlah jaringan yang terinfeksi bertambah 30.000 jaringan, sehingga total mencapai 50.000 jaringan.

Peretasan dan pengeinfeksian jaringan yang dilakukan oleh departemen TAO tersebut dapat dilakukan karena departemen yang merupakan bagian dari NSA tersebut terus mengembangkan malware canggih untuk menembus pelbagai jenis pertahanan jaringan.

Malware yang dikembangkan tersebut diam-diam terinstal di komputer individual dan server jaringan dan memberikan akses informasi sensitif untuk NSA. Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu cara NSA untuk memata-matai jaringan komputer yang ada di dunia.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (25/11/2013), hal ini sama persis dengan apa yang dikatakan oleh kelompok hacker Anonymous yang diduga telah melakukan peretasan pada ribuan komputer pribadi dan pemerintah melalui celah keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda