Scroll to Top

WD Black 2: Gabungan SSD dan Hard Disk Pertama di Dunia

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Nov 2013
WD Black 2
WD Black 2

Western Digital atau WD telah memperkenalkan produk baru yang berupa gabungan SSD (Solid State Drive) dengan hard disk dalam satu perangkat pertama di dunia, yakni WD Black 2. Produk WD Black 2 mengobinasikan kecepatan SSD dan kapasitas yang lega dari hard disk.

Sekilas konsep WD Black 2 ini mirip dengan SSHD (Solid State Hybrid Drive), tetapi sebenarnya agak berbeda. WD Black 2 ini datang dengan menggabungkan SSD berkapasitas 120GB dengan hard disk 2,5 inci berkapasitas 1TB yang diklaim mampu menghadirkan kecepatan dan kinerja tinggi dan daya tampung yang besar.

WD Black 2 ini dibenamkan Shift_Technology yang memungkinkan pengguna untuk migrasi file yang berukuran besar ke hard disk dengan menggunakan algoritma system drag. Shift_Technology ini tidak menggunakan algoritma caching, sehingga SSD WD Black 2 ini menjadi lebih awet dan tahan lama.

SSD yang dibenamkan pada WD Black 2 ini menggunakan teknologi produksi 20nm yang dipadukan dengan quad-channel NAND processing untuk peningkatan performa dan kecepatan. Tak hanya itu, SSD ini juga menyediakan 8GB khusus untuk provisioning.

“WD Black 2 drive ganda memberdayakan pelanggan kami untuk menikmati kinerja SSD dan akses penyimpanan berkapasitas tinggi dalam satu paket tanpa kompromi. WD Black 2 merupakan akibat langsung dari interaksi kita dengan basis pelanggan kami melalui WD Labs.”

“WD Black 2 menggabungkan kemampuan tahan guncangan dan getaran dari SSD dengan teknologi HDD untuk satu solusi penyimpanan drive ganda yang benar-benar lincah dan sangat handal. Advanced Firmware dan algoritma cerdas membantu dalam kinerja yang semakin tinggi, sehingga suhu dingin, dan suara saat beroperasi yang hampir tak terdengar,” keterangan resmi Western Digital.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (25/11/2013), WD Black 2 dilengkapi dengan konektivitas SATA III 6Gbps yang mampu menghadirkan kecepatan baca hingga 350MB/s. Harga yang ditawarkan WD Black 2 ini adalah US $300 atau sekitar Rp 3,4 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda