Scroll to Top

Microsoft: Hanya Ada 2 Versi Windows di Masa Depan

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Nov 2013
Surface 2
Microsoft Surface 2

Microsoft baru-baru ini mengatakan bahwa di masa depan, Windows hanya akan tersedia dua versi saja untuk menyeimbangkan kontrol dan fleksibilitas yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat tiga jenis Windows, yakni Windows 8.1 untuk PC, Windows RT untuk tablet, dan Windows Phone untuk smartphone.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini mengungkapkan di ajang konferensi UBS Global Technology bahwa mereka ke depan tidak akan memiliki tiga versi atau tiga jenis Windows, tetapi hanya dua jenis saja. Dua jenis Windows yang dimaksud adalah Windows untuk PC dan Windows untuk smartphone dan tablet.

Pernyataan Microsoft tentang pemangkasan jenis Windows dari tiga ke dua jenis ini menimbulkan spekulasi bahwa perusahaan tersebut akan ‘membunuh’ Windows RT. Beberapa pihak malah berpendapat bahwa Windows Phone dan Windows RT akan digabung.

“Kami memiliki OS Windows Phone. Kami memiliki Windows RT dan kami memiliki versi penuh Windows. Kita tidak akan memiliki tiga versi ke depannya. Kami berpikir ada sebuah dunia di mana ada sistem operasi mobile yang tidak memiliki risiko terhadap masa pakai baterai, atau risiko keamanan. Tapi, itu juga datang pada biaya fleksibilitas. Jadi kita percaya bahwa visi dan arah itu dan kami terus menyusuri jalan setapak itu,” kata Julie Larsin-Green dari Microsoft.

Petinggi Microsoft mengakui bahwa pihaknya gagal meyakinkan kemampuan sistem operasi Windows RT pada konsumen. Windows RT saat ini dinilai sebagai sistem operasi yang gagal menarik pengguna dan memiliki kemampuan yang terbatas dan jumlah aplikasi yang masih minim.

Lalu apakah Microsoft akan menggabungkan Windows RT dengan Windows Phone? Perusahaan tersebut tidak secara langsung mengatakan hal tersebut. Meski demikian, menggabungkan Windows RT dan Windows Phone ini bukanlah perkara yag mudah.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (25/11/2013), banyak yang berpendapat bahwa Windows RT ini akan dihentikan. Kabar yang beredar, Microsoft akan mengembangkan inti dari Windows Phone agar dapat digunakan pada perangkat smartphone maupun tablet untuk menggantikan Windows RT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda