Scroll to Top

Tips Belanja di Pasar Grosir Tanah Abang Jakarta

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

tanah abang

Pasar grosir Tanah Abang adalah salah satu kawasan favorit di Jakarta untuk belanjaan yang harganya cukup terjangkau. Predikatnya menyamai pasar Mangga Dua yang juga menjadi rujuka berbelanja murah. Banyaknya pilihan barang murah mungkin akan menggoda iman untuk segera menghamburkan uang. Meski begitu Anda mesti tetap mengontrol pengeluaran agar tidak menyesal membeli barang yang kurang perlu.

Dikutip dari Kompas, belanja di grosir Tanah Abang ada kiat-kiatnya. Ikuti tips berikut agar nyaman memborong barang di sana:

  1. Pilih waktu yang tepat untuk belanja. Pedagang di pasar grosir Tanah Abang rata-rata sudah buka lapak sejak subuh. Kalau Anda ingin tidak berdesakan, maka datanglah di pagi hari. Siang sedikit ratusan orang sudah membanjiri pasar untuk bertransaksi. Pasar ini tutup menjelang maghrib. Jika membeli pada saat toko baru buka, mungkin Anda mendapatkan harga lebih hemat.
  2. Jangan bawa banyak barang dari rumah. Pasalnya, jika bawaan yang Anda beli cukup banyak, dapat merepotkan saat membawanya.
  3. Siapkan daftar barang yang hendak dibeli. Hal ini untuk menghindari gelap mata membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Apalagi, variasi produk di pasar grosir Tanah Abang cuku banyak sehingga sangat menarik untuk dimiliki. Daftar belanja juga akan mengefisienkan waktu untuk bertransaksi.
  4. Pastikan dompet Anda aman dari copet dan jambret. Kalau perlu pakai tali atau rantai pengaman yang dihubungkan langsung ke pakaianatau tubuh Anda.
  5. Lakukan tawar menawar secara wajar. Di pasar ini sebenarnya harga sudah cukup murah. Jika ingin harga lebih miring, lakukan pembelian dalam jumlah banyak. Sementara kalau ingin menawar, jangan keterlaluan untuk meminta harga lebih murah lagi.
  6. Pilih produk dengan harga terbaik. Caranya bandingkan harga antara penjual satu dengan lainnya dan amati harga yang ditawarkan. Jika ada barang yang sama namun salah satunya lebih murah, maka Anda bisa mengambil barang yang lebih ekonomis itu.
  7. Menjadi pelanggan dari penjual. Sering membeli pada penjual yang sama akan terbina hubungan yang menguntungkan. Anda bisa mendapatkan harga dengan potongan yag lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda