Scroll to Top

Makan Kacang Bikin Umur Panjang

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

makan kacang

Makan kacang secara rutin memberikan efek menakjubkan terhadap hidup. Studi terbaru yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menemukan, penikmat kacang diketajui memiliki usia lebih panjang. Ada peningkatan angka harapan hidup di antara mereka.

Dikutip dari BBC, bisa jadi manfaat ini diperoleh ketika orang memadukannya dengan gaya hidup sehat. Namun peneliti juga tidak memungkiri bahwa makan kacang dimungkinkan memberikan manfaat kesehatan yang membuat orang hidup lebih lama. Manfaat makan kacang ini bisa diperoleh dengan mengonsumsinya dalam porsi wajar setiap hari.

Studi ini melibatkan 120 ribu orang yang diamati selama 30 tahun. Selama masa penelitian berlangsung, mereka yang rutin mengonsumsi kacang lebih kecil kemungkinannya meninggal dalam rentang waktu tersebut.  Dari situ peneliti mengambil kesimpulan bahwa makan kacang seminggu sekali membuat responden 11 persen lebih rendah untuk meninggal, dibanding responden lain yang tidak rajin makan kacang.

“Manfaat yang paling jelas adalah berkurangnya kematian akibat penyakit jantung sebanyak 29 persen. Tetapi kami juga melihat penurunan yang signifikan – 11 persen – dalam risiko kematian akibat kanker,” kata Dr Charles Fuchs, peneliti utama dari Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women’s Hospital.

Studi ini masih memerlukan kajian lebih lanjut untuk melihat kaitan lebih spesifik. Memilih makan kacang polosan lebih disarankan ketimbang yang sudah dicampur dengan rasa manis, asin, atau berlapis coklat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda