Scroll to Top

China Akan Terbangkan Kendaraan Robot ke Bulan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

yutu

Kemampuan teknologi antariksa yang dimiliki China tidak bisa dipandang remah saat ini. Tidak lama lagi negara Tirai Bambu ini segera mengangkasakan kendaraan menuju bulan. Kendaraan ini diberikan tugas untuk melakukan pengujian bebatuan dan memotret keadaan di satelit bumi itu. Selain itu, kendaraan juga ditugasi untuk menggali. Rencananya peluncuran dilakukan pada awal Desember 2013 ini.

Sebagai langkah persiapan, Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri untuk Pertahanan Nasional di China telah melakukan survey permukaan bulan melalui pengamatan dengan foto. Diharapkan kendaraan roda enam bernama Yutu atau Kelinci Permata tersebut dapat mendarat dengan lancar untuk melakukan tugasnya.

Pemerintah China memperkenalkan konsep kendaraan ini di Pekan Raya Industri China 2013.  Dilihat dari fisiknya, kendaraan diberi warna kuning emas. Penamaan Yuta merupakan pengadopsian dari cerita kelinci bulan yang merupakan salah satu cerita rakyat setempat. Sebagai sumber tenaga, kendaraan dibekali oleh panel surya.

Dalam urusan antariksa, kemajuan China cukup pesat. Dikutip BBC, China pernah mengirimkan dua pesawat ruang angkasa. Pesawat ini mengorbit di sekitar bulan. Sementara itu pernah juga China mengirim tiga astronot ke orbit bumi. Mereka tinggal selama 15 hari untuk menguji kemungkinan membangun stasiun ruang angkasa pada tahun 2020.

Misi ke bulan dengan kendaraan ini menjadi inovasi yang dilakukan China dalam menjalankan program ruang angkasa. Mungkin ke depan, pemain wilayah ruang angkasa bukan lagi menjadi dominasi NASA milik Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda