Scroll to Top

Dokter Ayu Dipenjara, Ratusan Dokter Gelar Demo Solidaritas

By Ika / Published on Wednesday, 27 Nov 2013

demo

Kasus Dokter Ayu yang dituduh melakukan malpraktik kini berbuntut panjang. Setelah dr.Ayu dijebloskan ke penjara, kini ratusan dokter menggelar aksi demo di berbagai wilayah.

Hampir semua daerah di Indonesia diwarnai aksi demo dokter. Di Jakarta misalnya, ratusan dokter berdemo di sekitar Tugu Proklamasi dan menuntut agar dr.Ayu dibebaskan.

“Mereka (masyarakat) tidak tahu apa itu malpraktik dan kami ini juga manusia bukan malaikat,” ujar dr.Gabriel yang mengikuti demo tersebut.

Tak hanya di Jakarta maupun di Jawa Barat, aksi solidaritas ini juga terjadi di daerah-daerah lain seperti Semarang, Klaten, Malang, hingga Papua. Walau ratusan dokter turun ke jalan dan berdemo, seluruh pihak rumah sakit memastikan bahwa pasien-pasien tetap akan ditangani dengan baik.

Kasus dr.Ayu ini memang menyedot perhatian publik. Kasus ini bermula ketika dr.Ayu dan dua rekannya sesama tim medis menangani pasien bernama Julia Fransiska Makatey yang harus menjalani persalinan caesar. Bayi Julia selamat, namun nyawa sang ibu tidak tertolong.

Keluarga Julia merasa ada yang tidak beres karena tim dokter dinilai lambat menangani Julia. Karena itu pihak keluarga pun melaporkan kasus ini ke polisi dengan tuduhan malpraktik.

Pada 8 November lalu, dr.Ayu akhirnya ditangkap dan dipenjara. Salah satu rekannya yang juga terlibat kasus ini ikut dibui, sementara satu dokter lainnya masih dinyatakan buron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda