Scroll to Top

Attiyah Laila, Istri Anas Urbaningrum Diperiksa KPK

By Ika / Published on Wednesday, 27 Nov 2013

Anas-Attiyah

Istri Anas Urbaningrum, Attiyah Laila, akhirnya diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan ini dilakukan terkait kasus korupsi proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah (P3SON) di Hambalang.

Attiyah Laila diperiksa sebagai saksi dari Direktur Utama PT Dutasari Ciptalaras, Machfud Suroso, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Sebenarnya Attiyah sendiri sudah dijadwalkan akan diperiksa pada hari Senin, 18 November 2013 lalu. Namun rencana ini terpaksa dibatalkan karena istri Anas tersebut mengaku sedang sakit.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, KPK telah lebih dulu menggeledah empat rumah Attiyah pada tanggal 12 November lalu. Dari penggeledahan tersebut, KPK berhasil menyita sejumlah barang, seperti beberapa kartu nama, paspor, ponsel, termasuk uang senilai Rp1 miliar yang dicurigai ada keterkaitannya dengan Hambalang.

Attiyah Laila sendiri merupakan mantan Komisaris PT Dutasari Citralaras, sebuah perusahaan kontraktor mekanik dan listrik yang ikut terlibat dalam proyek Hambalang. Perusahaan ini diduga menerima uang sebesar Rp170,39 miliar. Sementara itu tersangka Machfud Suroso juga ditengarai menerima uang Rp18,8 miliar dalam proyek Hambalang tersebut.

Terkait pemeriksaan Attiyah, Anas Urbaningrum memastikan bahwa istrinya tersebut sama sekali tidak terlibat dalam kasus korupsi Hambalang. Menurut Anas, Attiyah sudah cukup lama keluar dari perusahaan Dutasari, sehingga mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini yakin istrinya tidak bersalah.

“Tidak ada 100% jejak Attiyah di Hambalang,” ucapnya beberapa waktu lalu. “Jika dicari jejaknya di Hambalang, tidak ada. Jika di Dutasari memang ada, tapi Attiyah sudah keluar sejak 2009.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda