Scroll to Top

Arti Kedutan Mata dari Sisi Medis

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Nov 2013

mata capek

Tidak perlu terlalu menghubungkan mata kedutan dengan berbagai makna kejadian. Kedutan murni terjadi karena ada masalah pada saraf mata. Masalah ini dapat dijelaskan secara ilmiah dalam dunia medis. Dan, mata kedutan dapat diatasi dengan penanganan tertentu.

Dilihat dari penyebabnya, mata kedutan diawali dari kerja saraf mata yang tidak bisa dikontrol dengan baik. Pemicunya cukup banyak, terutama karena otot mata terlalalu dipaksakan bekerja sekalipun sudah sangat lelah. Pemicu lainnya yaitu kebanyakan kafein, stres, sindrom memandang layar komputer, alergi, sampai kekurangan nutrisi tertentu.

Wajarnya mata kedutan bisa sembuh dengan sendirinya ketika otot mata sudah mampu rileks. Namun bila tidak berhenti dalam waktu seminggu atau lebih, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter mata. Bisa jadi, mata Anda mengalami masalah saraf yang perlu penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi mata kedutan ada beberapa pilihan. Langkah paling jitu yaitu mengistirahatkan mata dengan tidur cukup. Tidur membuat saraf mata menjadi lebih rileks. Untuk lebih mengefektifkan relaksasi mata, dapat pula mengompresnya dengan kompres dingin atau potongan mentimun untuk menyegarkan. Namun bila kedutan berlanjut, Anda mesti menemui dokter mata.

Mata kedutan bisa dicegah degan tidak berlebihan menggunakan kerja mata. Berikan kesempatan istirahat bagi mata jika terasa capek. Ini membantu mencegah terjadinya  stres pada saraf mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda