Scroll to Top

Taksi EVA Hanya Butuh 15 Menit untuk Charge Baterai

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Nov 2013

taksi eva

Tokyo Motor Show 2013 dipenuhi oleh pameran kendaraan konsep yang cukup mengagumkan. Salah satunya adalah mobil taksi bertenaga listrik yang mampu menempuh jarak perjalanan panjang sekalipun hanya dicharge dalam beberapa menit. Namanya Taksi EVA. Tipe kendaraan massal ini hanya butuh pengisian baterai selama 15 menit untuk menempuh perjalanan sampai jarak 200 kilometer.

Taksi EVA dibuat dengan kerjasama tiga pihak yaitu TUM Create, Technische Universitat Munchen, dan Nanyang Technological University Singapore. Kolaborasi ini menghasilkan mobil listrik yang memiliki baterai dengan penggunaan sangat efisien. Bodinya cukup ringan dan disusun dari serat karbon polimer (CFRP).

Dapur pacu taksi ini juga istimewa. Akselerasinya dapat dipacu untuk menempuh kecepatan 0-100 kilometer perjam hanya dalam 10 detik. Kalau dipakai untuk ngebut, kecepatan maksimalnya mencapai 110 kilometer per jam. Baterainya tidak mudah panas karena dilengkapi sistem pengendali panas. Spesifikasi baterai adalah 450 volt, 63 Ah, yang dapat diisi secara cepat. Pastinya, mobil ini sangat ramah lingkungan dan bebas dari polusi karbondioksida.

Interior Taksi EVA konon diilhami oleh kendaraan taksi yang berlalu lalang di Singapura. Rata-rata taksi di sana  selalu menyalakan pendingin udara. Begitu juga pada mobil ini, disematkan pula pendingin udara yang unik. Pasalnya, pendinginan udara ditujukan untuk perorangan dan tidak mendinginkan seluruh area kabin. Hal ini mengefisienkan penggunaan listrik. Selain itu bahan yang dipakai untuk kursi dapat menyerap panas dan lembab, sehingga penumpang merasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda