Scroll to Top

Inul Vizta Milik Inul Daratista Dituding Bajak Lagu Band Radja

By Ika / Published on Thursday, 28 Nov 2013

Inul Daratista

Perusahaan karaoke milik Inul Daratista, Inul Vizta, kembali bermasalah dengan hak cipta sebuah lagu. Kali ini Inul Vizta disomasi oleh band Radja, karena usaha karaoke tersebut dituduh membajak atau menggunakan lagu Parah tanpa izin.

Somasi dari pihak Radja pun sudah ditanggapi oleh Inul Vizta, namun pihak Radja tidak puas karena tanggapan tersebut tidak sesuai dan tetap dinilai salah.

“Inul Vizta bilang sudah membayarkan royalti kepada lembaga seperti KCI (Karya Cipta Indonesia), Wami (Wahana Musik Indonesia) dan RMI (Royal Musik Indonesia),” ucap Ian Kasela. “Tapi tetap saja salah karena kita belum mendaftarkan lagu itu ke sana.”

Radja

Yanuar Bagus Sasmito selaku pengacara Radja menganggap bahwa Inul Vizta tidak menghargai Radja sebagai pencipta lagu. Karena itu, Inul Vizta rencananya akan dituntut dan dikenakan pasal 72 dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun dan denda Rp5 miliar.

“Tanggapan somasi itu juga terlihat melecehkan. Mereka seperti tidak menganggap Radja ini sebagai pencipta lagu,” ujarnya.

Pembajakan lagu ini sendiri dirasa sangat merugikan bagi Radja. Tak hanya rugi secara materi, proses kerja sama Radja dengan label internasional kabarnya juga ikut terhambat.

“Mereka (label luar) mengira kita jualan di Inul Vizta. Makanya kenapa kita perkarakan masalah ini biar kita tidak disebut jualan,” kata Ian. “Kita tangguhkan dulu (kerja sama dengan label internasional) karena ada masalah ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda