Scroll to Top

Siapa Sebenarnya Edward Snowden?

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 28 Nov 2013

Edward

Edward Joseph Snowden, adalah nama lengkap mantan kontraktor teknik AS dan karyawan CIA yang jadi kontraktor NSA. Enam bulan terakhir namanya jadi perbincangan di jagat maya dan di ‘darat’. Siapa sebenarnya Edward Snowden?

Nama Edward Snowden mulai kondang setelah bocorkan informasi program mata-mata NSA kepada pers. Ia bocorkan program rahasia seperti PRISM di dua media ternama; The Guardian serta The Washington Post. Ini terjadi pada bulan Juni lalu.

Singkat cerita, PRISM adalah program top secreat yang dilakukan NSA untuk memantau aktivitas warga Amerika Serikat. Edward Snowden menganggap tindakan ini sangat berlebihan. PRISM juga mencatut beberapa nama perusahan teknologi ternama macam Microsoft, Google, Facebook, Yahoo!, Apple, dan masih banyak lagi.

Lahir 21 Juni 1983, Edward Snowden bisa jadi ‘biang kerok’ kendurnya hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan beberapa negara-negara Eropa macam Perancis serta Jerman. Saat statusnya terkatung-katung dan jadi ‘buronan’ AS, ia ‘berlindung’ di Rusia.

Tahukah Anda jika Edward Snowden yang dibesarkan di negara bagian North Carolina dan Maryland di Pantai Timur Amerika ini tak pernah tamat SMA? Ia belajar program komputer di sebuah perguruan tinggi komunitas Maryland yang berbuah diploma Pendidikan Pengembangan Umum atau GED.

Kini namanya kembali hangat diperbincangkan. Terkait kasus di dalam negeri, data dari Edward Snowden lah yang menggiring informasi jika selama ini SBY ‘dikuping’ oleh Australia. Nampaknya ‘deman Edward Snowden’ masih belum berakhir. Entah negara mana lagi yang bakal ia goyang akibat informasi rahasia yang ia bocorkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda