Scroll to Top

Ingin Menghilangkan Bekas Jerawat, Kenali Dulu Jenisnya

By C Novita / Published on Thursday, 28 Nov 2013

bekas jerawat

Menghilangkan bekas jerawat tak mudah dan dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Anda harus paham bahwa bekas jerawat terdiri atas beberapa jenis, jadi penanganannya juga tak sama. Untuk itu, ada baiknya saat sedang berjerawat Anda bisa menahan diri tidak memencet atau memegang jerawat tersebut, agar bekasnya tak parah dan mudah dihilangkan.

Dikatakan oleh Dr. Eric Schweiger, seperti dilansir oleh laman dailymakeover, jenis bekas jerawat ada 3. Yaitu:

  • Atrophic. Ini adalah bekas jerawat yang parah, sebab menyebabkan luka di lapisan sel kulit dan berlubang.
  • Hypertrophic. Menimbulkan bekas hitam di kulit.
  • Post-inflammatory pigmentation. Menimbulkan hilangnya pigmen di kulit dan berubah jadi kemerahan atau kecoklatan.

Untuk penanganannya secara medis juga berbeda-beda jika Anda ingin warna kulit kembali seperti semula. Untuk jenis atrophic dan hypertropic, maka tindakan medis yang biasanya diambil oleh dokter adalah dengan laser CO2 dan treatment tertentu pada permukaan kulit. Perawatan ini memang memakan biaya cukup mahal, namun hasilnya bagus dan tahan lama.

Ada pula dokter yang menggunakan terapi derma filler untuk memperbaiki struktur kulit yang rusak. Ini akan menimbulkan rasa sakit juga, sama seperti perawatan laser di atas.

Untuk bekas jerawat yang meninggalkan warna kemerahan atau kecoklatan di kulit wajah, maka perawatannya lebih mudah yaitu dengan menggunakan chemical peeling. Ini untuk mengikis sel kulit mati yang meninggalkan noda tersebut.

Nah, jadi jangan mudah percaya bila ada yang mengatakan bahwa menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sebab semua membutuhkan kesabaran dan treatment yang tepat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda