Scroll to Top

Hasil Pilgub Riau 2013: Quick Count Pilkada Riau Unggulkan Annas Maamun

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 28 Nov 2013

Hasil Pilgub Riau 2013 Quick Count Pilkada Riau Unggulkan Annas Maamun-Arsyadjuliandi

Pasangan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman yang terkenal dengan jargon AMAN sukses unggul dalam hasil Pilgub Riau 2013 versi Quick Count. Survey Indobarometer menyebutkan duet tersebut meraih suara sebesar 59,94 persen. Selisih dengan pasangan HEBAT hampir mencapai 20%.

Sebelumnya, di putaran pertama Annas-Arsyad juga unggul, dengan selisih lebih tipis. Ketika itu KPUD Riau merilis keunggulan mereka mencapai 28,83% dibandingkan Herman-Agus yang 23,00%. Dengan demikian, keunggulan versi Quick Count ini memperkukuh keunggulan mereka di putaran pertama.

Annas -Arsyad yang disokong oleh Golkar, dinilai cukup merakyat. Di samping itu, publik juga bisa melihat kinerja apik Annas Maamun saat menjadi Bupati Kabupaten Rokan Hilir.

Namun, dibalik keunggulan versi Quick Count ini, terlihat menurunnya jumlah keikutsertaan pemilih di Pilgub Riau 2013. Tercatat, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya dibandingkan DPT hanya 55,39%. Artinya, mengalami penurunan hampir 6 persen dibandingkan putaran pertama (61,31%). Total pemilih potensial di Riau sendiri mencapai 4.000.459 orang.

Quick count Indobarometer sendiri dilakukan di 300 TPS yang merupakan sampel dari 11.669 TPS yang ada di 12 kabupaten/kota di seluruh provinsi Riau. Dilansir oleh Tribunnews, tingkat kepercayaan quick count ini mencapai 99%. Tingkat kesalahannya, alias kemungkinan pergeseran angka, sebesar 1%. Metode yang diambil adalah acak bertingkat, dengan sampel di seluruh wilayah Riau.

Meskipun hasil Quick Count sudah diumumkan, kepastian siapa pemenang putaran kedua Pilgub Riau tetaplah menunggu perhitungan suara di KPUD setempat.

Foto: ANTARA/FB Anggoro/ip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda