Scroll to Top

Hasil Akhir MotoGP Jepang : Dani Pedrosa Menang di Balapan Mencekam

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 02 Oct 2011

Dani Pedrosa victory motegi

Dani Pedrosa sukses meraih kemenangan pertamanya di Motegi sejak terakhir kali menjuarainya pada tahun 2004 saat masih berlaga di kelas 250cc. Kesuksesan Pedrosa tersebut adalah buah dari ketenangannya membalap sepanjang 24 putaran tanpa melakukan kesalahan.

Pada kesempatan yang sama Pedrosa juga berhasil memecahkan rekor sirkuit sebelumnya yang dipegang oleh Casey Stoner dengan raihan waktu satu menit 46.090 detik.

Balapan mencekam diawali oleh insiden yang menimpa juara dunia sembilan kali Valentino Rossi di tikungan kedua. Rossi yang bersenggolan dengan Jorge Lorenzo, terjatuh dan gagal meneruskan lomba.  Casey Stoner sementara memimpin cukup jauh diikuti Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa.

Jalannya balapan selanjutnya berlangsung lebih mudah bagi Pedrosa setelah satu persatu rekan satu timnya yang berada di depan tergusur akibat kesalahan mereka masing-masing. Andrea Dovizioso di posisi kedua harus terkena hukuman ride through karena melakukan jump start.

Sementara Stoner yang sempat memimpin lomba hingga putaran kelima, kehilangan kendali RCV212V miliknya yang membuatnya melebar keluar lintasan. Beruntung ia mampu kembali ke lintasan.

Pedrosa yang kemudian mengambil alih pimpinan lomba tanpa ada gangguan berarti berhasil melintasi garis finis di urutan pertama diikuti Lorenzo diurutan kedua. Stoner yang berhasil kembali dari posisi tujuh mengklaim podium ketiga usai melibas Nicky Hayden dan Alvaro Bautista.

Malang bagi Bautista yang gagal meneruskan lomba karena terjatuh di tikungan ke-12 tak lama setelah Hayden keluar lintasan akibat kehilangan kendali motornya. Posisi keempat akhirnya jatuh ketangan Marco Simoncelli yang memenangi duel hebat dengan kompatriotnya, Dovizioso.

Di posisi enam ada Ben Spies yang berhasil kembali setelah sempat keluar lintasan karena menghindari insiden yang terjadi di awal lomba terhadap Rossi. Di belakang Spies terdapat Hayden dan Colin Edwards masing-masing mengisi posisi tujuh dan delapan.

Dua pembalap terakhir di posisi sepuluh besar adalah Hiroshi Aoyama di urutan kesembilan dan Randy de Puniet di urutan kesepuluh.

Sirkuit Motegi setidaknya memakan 5 korban tahun ini. Setelah Valentino Rossi, Nama-nama seperti Hector Barbera, Demian Culdin, Alvaro Bautista, dan yang terakhir Toni Elias menjadi pembalap yang namanya berada di grup pembalap gagal finis.

Hasil Akhir MotoGP Jepang, Sirkuit Twin Ring Motegi:

  1.  Dani Pedrosa      Honda            42:47.481
  2.  Jorge Lorenzo     Yamaha             + 7.299
  3.  Casey Stoner      Honda             + 18.380
  4.  Marco Simoncelli  Gresini Honda     + 23.550
  5.  Andrea Dovizioso  Honda             + 23.691
  6.  Ben Spies         Yamaha            + 37.604
  7.  Nicky Hayden      Ducati            + 39.167
  8.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha     + 45.023
  9.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda     + 49.074
  10.  Randy de Puniet   Pramac Ducati     + 59.022
  11.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha   + 1:13.964
  12.  Kousuke Akiyoshi  LCR Honda       + 1:21.709
  13.  Shinichi Ito      Honda           + 1:26.381

Retirements:

  • Toni Elias        LCR Honda           17 laps
  • Alvaro Bautista   Suzuki              13 laps
  • Damian Cudlin     Pramac Ducati       13 laps
  • Hector Barbera    Aspar Ducati          1 lap
  • Valentino Rossi   Ducati               0 laps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda