Scroll to Top

Cara Mendidik Buah Hati agar Cerdas Memilih Baju Anak

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 28 Nov 2013

kids

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk memilih baju yang disukainya. Dia tidak terlalu memikirkan apakah busana yang dikenakannya sudah sesuai dengan kondisi atau tidak. Tak ayal orang tua, terutama ibu, harus turun tangan memilihkan baju anak yang tepat. Tantangannya, para ibu mesti mampu memahamkan pada anaknya agar tidak memakai baju yang itu-itu saja.

Dikutip dari Kompas, tidak sedikit pula anak yang akhirnya melakukan perlawanan ketika dipilihkan baju yang tidak disukai. Sikap emosi biasanya ditunjukkan oleh anak perempuan dibanding laki-laki. Anak perempuan sebenarnya juga sudah punya insting berbusana. Jika sudah begini, sebaiknya orang tua tetap sabar tanpa perlu melakukan pembalasan dengan membentak. Hal yang perlu dilakukan justru orang tua mesti mampu bersiasat agar baju anak dapat dikenakan mereka tanpa perlu membuatnya marah.

“Biarkan anak memilih baju sendiri, tetapi dalam batasan yang sudah kita tentukan. Kebiasaan memilih baju sendiri juga akan membuat anak lebih kreatif dalam hal padu padan,” kata Hanifa Ambadar, seorang blogger fashion.

Langkah ini, menurut Hanifa, akan membantu anak untuk berpenampilan lebih pantas. Dia punya kemauan untuk rapi tanpa perlu selalu dikritisi. Dan, sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri agar anak memakai pakaian yang bagus menurut pendapat orang tua. Lepaskan anak untuk memadupadankan busananya dengan tetap memberi masukan positif.

Untuk mengarahkan anak memilih baju yang pantas, orang tua dapat menyusun baju anak sesuai kepentingannya. Misalnya baju untuk bermain, sekolah, pesta,dan sebagainya. Jelaskan pada anak tentang kegunaan masing-masing pakaian agar dia memahami. Selain itu, baju yan sudah tidak bisa dipakai sebaiknya disingkirkan agar anak tidak memilihnya untuk dikenakan.

“Biarkan saja anak memilih baju sendiri, yang penting ia happy. Anak juga perlu diajari untuk membuat keputusan, dan kita sebagai orangtua perlu menghargai pilihan anak,” ujar Tenik Hartono, pemimpin redaksi majalah AyahBunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda