Scroll to Top

Masakan Indonesia Ini Kenikmatannya Menggoyang Lidah Dunia

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 28 Nov 2013

makan sate

Indonesia tidak hanya kaya wisata alamnya. Dari sisi kuliner, banyak masakan Indonesia yang bisa diterima oleh lidah orang mancanegara. Makanan ini di tanah air bahkan banyak ditemui dijajakan di warung kaki lima ketimbang di restoran mahal. Kuliner rakyat memang jauh lebih nikmat.

Berikut ini tujuh masakan Indonesia yang ikut disukai oleh masyarakat dunia:

  1. Sate. Macam sate cukup banyak. Namun sate yang cukup bisa diterima lidah internasional adalah sate madura atau ponorogo yang berbumbu kacang. Rasanya cukup manis dan lezat.
  2. Rendang. Gurihnya daging rendang tidak diragukan lagi nikmatnya. Masakan ini sempat menjadi makanan favorit dunia versi CNN Go.
  3. Nasi goreng. Presiden AS, Obama, termasuk penyuka nasi goreng. Paduan rempah dalam nasi goreng memberikan kenikmatan yang khas. Mau dibuat versi pedas, pedas manis, atau gurih, semuanya terasa sangat lezat.
  4. Bakso. Makanan berkuah ini juga cukup dikenal di mancanegara. Bahan utama bakso adalah daging sapi, sekalipun juga mulai dikembangkan daging berserat lainnya. Misalnya bakso ayam atau bakso ikan. Kenikmatan bakso juga terletak pada kuahnya yang segar dan gurih.
  5. Gudeg. Keistimewaan gudeg terletak rasanya yang campur aduk. Ada sensasi manis, gurih, asam, dan asin. Masakan asli Jogja ini memiliki kuah kental dari santan. Isinya nangka muda yang dipadu kacang tolo. Lebih lengkap lagi menyantapnya dengan ayam kampung, telur, tahu, hingga sambel goreng krecek.
  6. Soto betawi. Soto betawi mulai merambah ke berbagai wilayah. Soto ini paling enak dimakan bersama lontong. Variasi soto sangat banyak di tanah air. Pasalnya, dikenal pula ada soto Kudus, soto Sokaraja, soto Solo, dan sebagainya mengikuti nama daerah asal. Tiap jenis soto juga memiliki ramuan resep yang berbeda.
  7. Kethoprak. Rasa dari kethoprak mirip dengan lotek. Karena semua isinya akan dibalur dengan saus kacang yang nikmat. Isinya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge, dan telur rebus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda