Scroll to Top

iPhone 5S: Diperlukan 600 Pekerja untuk Memproduksinya

By Ditya / Published on Friday, 29 Nov 2013
Pekerja Foxconn
Pekerja Foxconn

Apple terkenal dengan produk berdesain minimalis, termasuk smartphone terbarunya, iPhone 5S. Dibalik desain iPhone 5S, ternyata proses produksi dan perakirakitannya cukup rumit dan diperlukan setidaknya 600 pekerja untuk memproduksi setiap iPhone 5S. 

Smartphone iPhone 5S ini dari luar memang tampak minimalis dan sederhana. Namun berdasarkan penelusuran yang dilakukan TechRadar (28/11/2013), ternyata pembuatan atau proses produksi smartphone iPhone 5S ini tak seminimalis tampilan luarnya. Ini disebabkan ‘jeroan’ smartphone iPhone 5S sangat rumit.

Berdasarkan informasi dari Wall Street journal, diperlukan minimal 600 pekerja untuk setiap line produksi smartphone iPhone 5S. Sedangkan iPhone 5C diperlukan 500 pekerja untuk membuatnya, karena sedikit lebih sederhana dibandingkan dengan iPhone 5S. iPhone 5C sendiri tidak dilengkapi Touch ID dan menggunakan casin yang terbuat dari plastik.

“Kami pernah menghasilkan sekitar 500.000 iPhone 5S dalam waktu sehari, dan itu adalah produksi paling banyak yang pernah kami capai,” kata seorang eksekutif Foxconn yang enggan disebut namanya.

Setiap 1 juta unit iPhone 5S diperlukan waktu sekitar dua hari. Ketika iPhone model baru akan segera dirilis, jumlah produksi iPhone seri lama akan turun secara signifikan. Saat ini, iPhone 5S varian warna Gold terbilang langka dan hal ini kabarnya akan segera teratasi.

Seperti yang kita ketahui, iPhone 5S ditenagai oleh Prosesor Apple A7 yang oleh Samsung dengan menggunakan teknologi 28nm HKMG (High-K Metal Gate) dan menggunakan nama sandi Cyclone. Prosesor Apple A7 mengusung arsitektur ARMv8 64-bit terbaru dengan kecepatan yang sama dengan Apple A6, yakni 1,3GHz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda