Scroll to Top

Akhir Drama di Jerez, Lorenzo Berhasil Juara

By Andhika / Published on Monday, 04 Apr 2011
Jorge Lorenzo, Podium 1, Jerez 2011

Balapan di Jerez (3/4/11) pada musim ini menyuguhkan sebuah perlombaan yang dramatis. Sesuai ramalan, hujan turun mengguyur trek selama balapan dan membuat trek menjadi licin. Sepanjang balapan dipenuhi dengan aksi jatuh dari para rider. Hanya 12 pembalap yang berhasil masuk finish, sementara 5 pembalap gagal finish yang sebenarnya merupakan nama-nama yang diunggulkan, yaitu Casey Stoner, Simoncelli, Ben Spies, Randy De Puniet dan Colin Edwards.

Saat balapan dimulai, Stoner berhasil start dengan sempurna dan memimpin balapan, disusul dengan Lorenzo dan Simoncelli sedangkan Pedrosa melorot di urutan ke-4.

Pada lap ke-4 Simoncelli berhasil menyalip Lorenzo dan menempel ketat di belakang Stoner. Disusul pada lap ke-5 Rossi berhasil merapat di lini depan, melewati Lorenzo dan praktis menempel di belakang Stoner dan Simoncelli. Namun disinilah awal bencana bagi Stoner. Pada lap ke-7 saat akan menyalip Stoner di tikungan ke kanan motor Rossi tergelincir, Stoner yang tak dapat menghindar mau tak mau harus bersedia berselancar di aspal bersama Rossi bahkan motornya sempat menindih motor Rossi. Namun untungnya, Rossi bisa melanjutkan balapan, sedangkan Stoner tidak.

Urutan balapan kemudian menjadi Simoncelli – Lorenzo – Nicky Hayden disusul dengan Pedrosa dan Ben Spies di urutan 4 dan 5. Keberuntungan Lorenzo kembali pada lap ke-10, disini Simoncelli harus terjatuh karena trek yang licin dan gagal melanjutkan balapan sehingga Lorenzo dengan mudah dapat mengambil alih pimpinan lomba.

Lorenzo tetap memimpin di sepanjang akhir perlombaan. Sementara di belakangnya Pedrosa terus memperbaiki waktu dan berhasil melewati Spies dan Nicky Hayden. Spies kemudian juga berhasil melewati Hayden bahkan sempat melewati Pedrosa di lap ke-21 sehingga urutan lomba menjadi Lorenzo – Spies – Pedrosa.

Namun naas bagi Spies, pada lap ke-23 nasib sial membuatnya harus bergabung dengan rider lain yang telah terjatuh sebelumnya sehingga posisinya jatuh kembali pada Pedrosa. Pada akhir balapan, Lorenzo memasuki finish terlebih dahulu, disusul Pedrosa kemudian Nicky Hayden sedangkan Rossi mampu finish pada urutan ke-5. Nasib baik juga menyertai John Hopkins, rider Rizla Suzuki ini berhasil meraih targetnya dengan masuk dalam 10 besar di Jerez.

Results - 27 laps:

Pos  Rider             Team/Bike          Time/Gap
 1.  Jorge Lorenzo     Yamaha           50m49.046s
 2.  Dani Pedrosa      Honda             + 19.339s
 3.  Nicky Hayden      Ducati            + 29.085s
 4.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda     + 29.551s
 5.  Valentino Rossi   Ducati          + 1m02.227s
 6.  Hector Barbera    Aspar Ducati    + 1m08.440s
 7.  Karel Abraham     Cardion Ducati  + 1m14.120s
 8.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha   + 1m19.110s
 9.  Toni Elias        LCR Honda       + 1m42.906s
10.  John Hopkins      Suzuki          + 1m48.395s
11.  Loris Capirossi   Pramac Ducati   + 1m51.876s
12.  Andrea Dovizioso  Honda               + 1 lap

Retirements:

    Colin Edwards     Tech 3 Yamaha       26 laps
    Ben Spies         Yamaha              24 laps
    Randy De Puniet   Pramac Ducati       16 laps
    Marco Simoncelli  Gresini Honda       11 laps
    Casey Stoner      Honda                7 laps

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda