Scroll to Top

Pestisida pada Buah dan Sayuran Ganggu Sistem Hormon

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 02 Oct 2011

Buah dan sayuran yang awalnya memiliki nutrisi tinggi bisa saja menjadi berbahaya bagi tubuh. Ini lantaran masih ada sisa pestisida yang digunakan penanamnya  untuk mencegah datangnya penyakit atau hama yang mengganggu tanaman. Racun tersebut menempel dan terbawa sampai ke tangan konsumen. Sangat dimungkinkan pestisida akan ikut masuk tubuh saat dimakan.

Dalam jangka panjang, pestisida akan menganggu sistem hormon. Selain itu, menyebabkan pula keracunan di sistem saraf. Anak-anak juga bisa kena dampaknya dengan mundurnya kemampuan IQ mereka.

Environtmental Working Group (EWG) di AS, mengatakan, sekitar 98 persen buah apel yang diujinya mengandung pestisida. Pada tes terhadap sayur seledri, 95 persen sampel yang diteliti mengandung zat yang sama. Pestisida, “dirancang untuk membunuh sesuatu dan kebanyakan tidak baik bagi kesehatan Anda,” kata Sonya Launder, seorang peneliti.

Untuk mengurangi dan menghilangkan  efek pestida, selalu cuci bersih setiap buah dan sayuran yang Anda beli. Membeli buah dan sayuran hasil sistem pertanian organik lebih disarankan karena minimnya penggunaan bahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda