Scroll to Top

Payudara Lebih Cepat Tua Jaringannya Dibanding Bagian Tubuh Lain

By Ilham Choirul / Published on Friday, 29 Nov 2013

payudara

Kondisi payudara ternyata memiliki usia riil lebih tua dibanding bagian tubuh lainnya. Studi terbaru di Amerika Serikat disebutkan, salah satu ciri menuanya bagian payudara adalah kondisinya yang cepat mengendur seperti yang biasa didapatkan pada wanita tua. Dan, percepatan usia sel di payudara terjadi cukup cepat.

Studi mendapati bahwa jaringan payudara memiliki kondisi lebih tua dua sampai tiga tahun dibanding bagian tubuh lain pada wanita. Ini pula yang menjadi salah satu alasan kenapa wanita jauh lebih rentan terkena kanker atau tumor payudara daripada pria. Faktor usia berhubungan dengan kesehatan jaringan tersebut. Semakin tua maka rentan terkena penyakit.

Akibatnya, jaringan kurang sehat yang terjadi di payudara menjadi sasaran empuk tumbuhnya sel tumor. Jaringan yang lebih sehat lebih tahan terhadap serangan ini. Hanya saja begitu jaringan tua ini terkena tumor atau kanker, jaringan sehat yang usianya lebih muda juga bisa terpengaruh oleh keburukan sel tumor.

“Jika seorang wanita memiliki kanker payudara, jaringan sehat di samping tumor rata-rata (kondisinya) 12 tahun lebih tua daripada bagian tubuhnya (yang lain),” kata Steve Horvath , peneliti utama studi yang juga profesor genetika manusia di UCLA’s David Geffen School of Medicine dan ahli biostatistik di UCLA Fielding School of Public Health, seperti dikutip She Knows.

Sementara jika dilihat dari jaringan yang sudah tertumpangi sel tumor, kondisinya melemah dan setara dengan usia jaringan 36 tahun lebih tua dari bagian tubuh lain. Menurut peneliti, pada usia 20 tahun biasanya akan terjadi proses perlambatan penuaan secara konstan. Namun proses penuaan tetap terjadi lebih cepat dari jaringan tubuh lain.

Jalan yang terbaik untuk mengatasi degenerasi jaringan ini adalah proses pencegahan. Disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengontrol lemak, dan mengonsumsi berbagai buah atau sayur.

Perlu diusahakan mengonsumsi makanan yang mampu mencegah peradangan di tubuh yang dituding menjadi agen terhadap penuaan. Anda bis pula mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin B12, asam folat, minyak ikan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda